Pelayanan bus AKAP di Palembang lancar

id pelayanan bus, bus, arus balik, lebaran, bus akap, antarkota antarprovinsi

Pelayanan bus AKAP di Palembang lancar

Armada angkutan mudik lebaran (ANTARA FOTO)

...Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus balik Lebaran ini, pihaknya menyiapkan bus tambahan (ekstra bus)...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelayanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada arus balik Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 Masehi di terminal tipe A Karya Jaya Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan berjalan lancar.

Sejumlah pengelola bus AKAP, di Palembang, Jumat, mengatakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus balik Lebaran ini, pihaknya menyiapkan bus tambahan (ekstra bus).

Wilda, salah seoarang pengelola bus AKAP Kramat Jati mengatakan, untuk mengatasi lonjakan penumpang pada arus balik Lebaran, pihaknya menyiapkan dua armada bus tambahan tujuan Palembang-Jakarta dan Palembang-Bandung.

Bus tambahan itu diharapkan membuat seluruh pengguna jasa angkutan darat ini dapat dilayani dengan baik pada arus balik Lebaran yang diperkirakan puncaknya pada Minggu (3/8).

Dia menjelaskan, pengguna jasa angkutan bus pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini secara umum sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penurunan pengguna jasa angkutan ini kemungkinan karena banyak masyarakat yang beralih menggunakan jasa angkutan udara dan kendaraan pribadi, kata Wilda.

Petugas Terminal Karya Jaya Fauzi mengatakan, pelayanan kepada masyarakat pada musim mudik Lebaran di terminal ini berjalan lancar dengan tingkat pengisian (load factor) bus AKAP mencapai 95 persen lebih dari total tempat duduk 40 bus yang tersedia mencapai 1.295 orang.

Kondisi penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini sedikit mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnya, kemungkinan dipengaruhi banyak masyarakat yang memanfaatkan mobil sewaan untuk mudik karena biaya sewanya relatif murah jika bepergian secara rombongan atau sekeluarga.

Sedangkan pemudik yang menggunakan bus antarkota dalam provinsi (AKDP), secara umum penumpang yang bepergian dari Palembang ke beberapa daerah Sumsel lainnya relatif sepi, yakni paling tinggi tingkat "load factornya" 60 persen dari total tempat duduk 70 bus yang tersedia mencapai 1.674 orang, katanya pula.