Arus balik di pelabuhan Boom Baru lancar

id kapal cepat, pelayanan arus balik lebaran, lebaran , arus mudik, balik, lebaran idul fitri

Arus balik di pelabuhan Boom Baru lancar

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka beroperasi normal. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Tidak ada kendala dalam proses pelayanan penumpang saat keberangkatan maupun kedatangan kapal cepat dari Palembang-Bangka dan sebaliknya pada arus balik Lebaran sekarang ini...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 di Pelabuhan Kapal Cepat Boom Baru, Palembang, Sumatera Selatan sekarang ini cukup aman, tertib, dan lancar.

"Tidak ada kendala dalam proses pelayanan penumpang saat keberangkatan maupun kedatangan kapal cepat dari Palembang-Bangka dan sebaliknya pada arus balik Lebaran sekarang ini," kata Petugas Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Rusli di Palembang, Jumat.

Menurutnya, pelayanan kepada pengguna jasa angkutan laut ini tidak ada kendala, semua penumpang bisa terangkut dengan enam armada kapal cepat yang disiapkan melayari rute Pelabuhan Boom Baru Palembang-Muntok Bangka.

Jumlah penumpang yang akan ke Pulau Bangka pada arus balik tahun ini belum mengalami lonjakan yang tinggi atau masih berada pada posisi 85 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, meskipun dalam dua hari terakhir ini mengalami sedikit peningkatan dibandingkan sebelumnya.

"Dalam dua hari terakhir penumpang kapal cepat yang diberangkatkan dari pelabuhan ini berkisar 7000 hingga 950 penumpang, kondisi ini diperkirakan hingga masa arus balik berakhir tidak akan terjadi lonjakan berarti," ujarnya.

Sementara kondisi jumlah penumpang pada arus balik kedatangan kapal cepat dari Pelabuhan Muntok, Bangka ke Pelabuhan Boom Baru Palembang, beberapa hari ini masih tergolong sepi jumlahnya paling banyak 750 penumpang.

Meskipun tidak terjadi lonjakan penumpang sebagaimana di pelabuhan lain, pihaknya tetap berupaya melakukan persiapan maksimal agar kegiatan pelayanan kepada masyarakat pada arus balik ini berjalan dengan baik.

Secara umum pelayanan kepada pemudik Lebaran pada tahun 2014 ini bisa dilakukan dengan baik, karena sejak dimulainya arus mudik akhir Juli lalu hingga arus balik Agustus ini tidak ada kendala yang berarti dan belum ada satupun penumpang yang terlantar atau mengalami masalah gangguan kesehatan, serta gangguan keamanan di pelabuhan ini.

Pelayanan yang telah berjalan dengan baik itu diharapkan bisa dipertahankan hingga pelayanan mudik Lebaran berakhir, sehingga kerja keras yang dilakukan oleh seluruh komunitas pelabuhan di Posko Mudik Lebaran 2014 ini membuahkan kesuksesan seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Rusli.