Klaim Jamsoskesmas RS Baturaja belum dibayar

id rs baturaja, program jamsoskesmas rs baturaja

Klaim Jamsoskesmas RS Baturaja belum dibayar

RS dr Ibnu Soetowo Baturaja (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Klaim Jamsoskesmas Sumsel Semesta atau berobat gratis di RSUD Dr Ibnu Soetowo Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sudah lima bulan belum dibayar oleh Pemprov Sumsel.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Ibnu Soetowo Baturaja, dr Harseno, saat ditemui menghadiri acara halal bihalal di Puskesmas Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat, Selasa.

Dia menjelaskan, klaim berobat gratis rumah sakit milik pemerintah itu baru dibayar Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) selama dua bulan saja, yakni Januari-Februari 2014.

"Total dananya sekitar Rp1 miliar perbulan. Jadi jumlah klaim berobat gratis yang belum dibayar itu sekitar Rp5 miliar," tegasnya.

Menurut dia, pihaknya tidak tahu apa penyebab terjadinya tunggakan pembayaran klaim jaminan sosial kesehatan masyarakat (Jamsoskesmas) tersebut.

Yang jelas kata dia, akibat klaim itu belum dibayar sampai sekarang, pihak rumah sakit menjadi kewalahan untuk menutupi biaya operasional dan lainnya.

"Coba tolong ditanyakan kepada Pemprov Sumsel kenapa hal itu bisa terjadi. Yang jelas kami menjadi pusing mengurus masalah ini," katanya.

Disinggung soal pelayanan pihak RSUD Dr Ibnu Soetowo Baturaja kepada pasien kurang mampu yang berobat memanfaatkan program Gubernur Sumsel Alex Noerdin itu, dr Harseno mengatakan, pihaknya tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mau berobat.

"Pelayanan tetap jalan, namun tidak mungkin dengan adanya persoalan seperti ini sama sekali tidak berpengaruh apa-apa kepada kita. Tentu saja kita sangat merasakan dampaknya. Untuk itu saya berharap klaim berobat gratis selama lima bulan ini segera dicairkan oleh Pemprov Sumsel," ujarnya.