Kejuaraan Triboatton internasional di Sumsel

id triboatton, kejuaraan triboatton internasional

Kejuaraan Triboatton internasional di Sumsel

Musi Triboatton di bantaran sungai Musi Palembang, Sumsel (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Sely/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kejuaraan Musi Triboatton internasional ketiga kembali digelar di Sumatera Selatan pada akhir November 2014, kata Asisten Kesra Pemerintah Provinsi setempat Ahmad Najib.

Pihaknya akan menggelar kembali kejuaraan Musi Triboatton yang diharapkan akan lebih baik dari tahun sebelumnya, kata Ahmad Najib kepada wartawan usai memimpin rapat persiapan kejuaraan Musi Triboatton internasional di Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, Musi Triboatton adalah mengangkat Budaya Hidup Sungai merupakan festival wisata dan budaya yang dikemas dalam sejumlah lomba olahraga sungai, dari arung jeram, kayak, hingga perahu naga.

Pelaksanaan kejuaraan Musi Triboatton itu sendiri bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia kabupaten dan kota serta dinas pariwisata.

Untuk tahun ini pelaksanaannya akan dimaksimalkan lagi sehingga kejuaraan tersebut lebih menarik dan semakin banyak peserta, karena tahun sebelumnya pesertanya belasan utusan dan 2014 minimal sebanyak itu, katanya.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan rapat koordinasi untuk memantangkan persiapan Musi Triboatton yang sudah menjadi agenda wisata Sumsel.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Parhat Sukri mengatakan, Musi Triboatton nantinya akan melalui beberapa kabupaten di Sumsel dengan dibagi estafe.

Kabupaten yang akan dilalui seperti Padang Tepung, Kabupaten Empat Lawang, Muarakelingi, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Banyuasin serta Palembang.

Sementara mengenai panjang rute yang akan dilalui sendiri sekitar 523 kilometer, kata dia.

Mengenai cabang yang akan dipertandingkan antara lain kayak, canoe dan perahu naga.

Musi Triboatton III ini diharapkan semakin meriah dan banyak negara yang mengirimkan utusannya, tambah dia.