Pemkot Palembang siapkan 25 pohon pinang

id pinang, panjat pinang

Pemkot Palembang siapkan 25 pohon pinang

Lomba panjat pinang (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang menyiapkan 25 batang pohon pinang untuk digunakan kegiatan lomba panjat pinang dengan menyediakan aneka hadiah menarik dalam meriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-69 RI.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang Yanuarpan, Jumat mengatakan menyiapkan 25 batang pohon pinang untuk perayaan hari kemerdekaan.

"Lomba panjat pinang akan diselenggarakan, Minggu (17/8) di Plaza Benteng Kuto Besak," katanya.

Menurut dia, semua masyarakat bisa terlibat dalam memanjat pohon pinang tersebut.

Penyelenggara menyiapkan beragam hadiah menarik yang dipasang di bagian atas pohon pinang iru, tambahnya.

Ia mengatakan, kemeriahan peringatan hari kemerdekaan tentunya menjadi salah satu bentuk mensyukuri kebebasan Indonesia dari penjajah pada tahun 1945.

Sampai kini, pihaknya terus berupaya optimal menyosialisasikan pentingnya mengingat pahlawan kemerdekaan yang telah membebaskan dari penjajahan, katanya.

Dia menjelaskan, panjat pinang menjadi salah satu agenda didedikasikan kepada masyarakat Kota Palembang.

Selain itu, beragam festival, seperti telok abang dan telok ukan juga memeriahkan pesta rakyat dalam rangkaian hari kemerdekaan, ujarnya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Palembang Hardayani menambahkan, rangkaian kegiatan pesta rakyat itu, menjadi salah satu upaya pemkot mengingatkan masyarakat mensyukuri kemerdekaan.

Selain itu, hiburan rakyat juga dipersembahkan bagi warga sehingga tidak melupakan jasa-jasa pahlawan kemerdekaan, tambahnya.

Kreatifitas masyarakat dalam memeriahkan hari kemerdekaan juga sangat didukung.

Tentunya, untuk memeriahkan dan menjalin silaturahmi antar masyarakat pada hari besar seperti perayaan 17 Agustus, katanya.