Pilkada kabupaten butuh anggaran Rp12 miliar

id kpu, pilkada butuh anggaran Rp12 miliar

Pilkada kabupaten butuh anggaran Rp12 miliar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemilihan kepala daerah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan membutuhkan anggaran sekitar Rp12 miliar lebih per kabupaten dan kota.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, HM Daud HD menyampaikan hal itu ketika ditanya anggaran untuk pelaksanaan Pilkada di kabupaten dan kota tahun 2015 di Palembang, Jumat.

Menurut dia, satu kabupaten itu memerlukan anggaran sekitar Rp12 miliar lebih yang tentunya berasal dari APBD daerah setempat.

Yang banyak memerlukan anggaran itu untuk sosialisasi, pelipatan surat suara, formulir-formulir, sampul kotak suara dan bilik suara, katanya.

Sementara mengenai pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Musirawas Utara (Muratara), ia mengatakan, tentunya anggarannya menginduk pada kabupaten induk dibantu APBD provinsi Sumsel.

Untuk dua kabupaten itu dari induk seperti PALI ke Kabupaten Muaraenim dan nanti Muaraenim minta bantuan Pemerintah Provinsi Sumsel, ujarnya.

Mengenai jumlah anggaranya, dirinya belum mengetahuinya, nanti akan dilihat dulu setelah menyusun program apa yang akan dilaksanakan.

"Jumlahnya saya tidak tahu, kita lihat dulu, merencanakan menyusun program apa yang akan dilaksanakan," tuturnya.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2015 nanti Kabupaten PALI dan Kabupaten Muratara akan menggelar pilkada untuk pertama kalinya setelah dimekarkan.