Parni Hadi: IPHI perlu berantas kemiskinan

id parni hadi, wakil ketua IPHI

Parni Hadi: IPHI perlu berantas kemiskinan

Parni Hadi (pakai baju batik) (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua I Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Pusat Parni Hadi mengatakan IPHI sebagai organisasi Islam diharapkan membuat program nyata terhadap masyarakat dengan memberantas kemiskinan.

Itu penting karena saat ini masih banyak umat yang perekonomiannya belum begitu baik, kata Parni saat pelantikan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Wilayah Sumsel yang diketuai H Ahmad Dasuki di Palembang, Jumat.

Bersamaan dengan pelantikan Pengurus IPHI juga dilantik pengurus Forum Pondok Pesantren Sumsel.

Lebih lanjut Parni Hadi yang juga mantan Pemimpin Umum Perum LKBN Antara itu mengatakan bahwa  kemiskinan sangat banyak dampaknya dalam kehidupan sehingga perlu diberantas bersama.

Menurut dia, dampak kemiskinan terutama pendapatan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan termasuk pedidikan dan budaya.

Jadi program nyata dalam pemberantasan kemiskinan antara lain melalui pemberdayaan ekonomi rakyat.

Begitu juga pendidikan harus dimaksimalkan sehingga IPHI akan semakin lebih baik, termasuk Pondok Pesantren harus menjadi pusat unggulan ekonomi sehingga pengurangan kemiskinan menjadi program nyata.

Jadi masjid dan Pondok Pesantren menjadi pusat unggulan dari berbagai bidang sehingga pengurangan kemiskinan akan semakin nyata.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya program yang akan dilaksanakan IPHI, karena sudah lama dilaksanakan di Sumatera Selatan.

Daerah ini dalam memberantas kemiskinan antara lain mengutamakan pengobatan dan pendidikan yang dilaksanakan secara gratis bagi masyarakat.

Ini berarti Sumsel sangat peduli dengan masyarakat sehingga program yang nyata sekaligus menyentuh kehidupan masyarakat menjadi program utama.

Bersamaan pelantikan itu, gubernur juga menyerahkan bantuan untuk pondok pesantren dan calon jamaah haji berupa uang pembinaan dan transportasi.