Balai Bahasa Sumsel siapkan penghargaan untuk wartawan

id balai bahasa, pengharagaan, insan pers, pers, wartawan, berikan pengharagaan kepada wartawan, bahasa indonesia , penggunaan bahasa indonesia

Balai Bahasa Sumsel siapkan penghargaan untuk wartawan

Balai Bahasa Sumsel siapkan penghargaan bagi media massa cetak yang dinilai menggunakan penulisan dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Foto Antarasumsel.com/14/Balai Bahasa Sumsel)

...Kami sekarang ini menyiapkan tiga penghargaan bagi wartawan dan medianya, melalui penghargaan itu diharapkan ke depannya dapat memberikan motivasi mereka meningkatkan kualitas produk informasinya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan penghargaan bagi wartawan dan media massa cetak di provinsi setempat yang dinilai telah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penyajian beritanya kepada masyarakat.

"Kami sekarang ini menyiapkan tiga penghargaan bagi wartawan dan medianya, melalui penghargaan itu diharapkan ke depannya dapat memberikan motivasi kepada perusahaan Pers di daerah ini meningkatkan kualitas produk informasinya," kata Panitia Pelaksana Penilaian Bahasa Wartawan, Linny Anwar di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pada Agustus ini Balai Bahasa Sumsel melaksanakan kegiatan "Bulan Bahasa dan Sastra 2014" dengan fokus kegiatan melakukan penilaian bahasa wartawan media cetak bidang tertentu di provinsi setempat.

"Dalam kegiatan bulan bahasa tersebut, dilakukan penilaian bahasa wartawan pada bidang tertentu, yang kali ini difokuskan pada bidang pendidikan," ujarnya.

Menurut dia, dalam kegiatan bulan bahasa dan sastra tahun ini, pihaknya menetapkan tema "Kecintaan dan Kebanggaan terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Meningkatkan Kerukunan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara".

Untuk melakukan penilaian bahasa wartawan di daerah ini, pihaknya telah menjaring 140 naskah berita yang berisi berbagai informasi terkait dunia pendidikan dari sejumlah media cetak terbitan lokal seperti Harian Palembang Ekspres, Tribun Sumsel, Radar Palembang, Sriwijaya Post, Sumatera Ekspres, Berita Pagi, dan Palembang Pos.

Naskah berita tersebut sekarang telah selesai dinilai oleh dewan juri independen dari akademisi, praktisi, dan wartawan senior setempat, setelah proses penilaian tersebut, tim Balai Bahasa Sumsel merekapitulasi nilainya dan menetapkan tiga orang yang terbaik untuk diberikan penghargaan dan sejumlah uang pembinaan, katanya.

Dia menejlaskan, media massa memiliki fungsi sebagai penyebarluasan informasi kepada masyarakat, mendidik, menghibur, dan memberikan pencerahan.

Dalam menjalankan fungsinya tersebut, bahasa yang digunakan wartawan dalam menulis naskah berita yang akan dipublikaiskan kepada khalayak luas yang memiliki latar belakang pendidikan dan budaya berbeda-beda harus memenuhi ketentuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami olah seluruh lapisan masyarakat.

Melalui penilaian bahasa wartawan dan pemberian penghargaan yang dilakukan dalam kegiatan bulan bahasa dan sastra tahun ini diharapkan dapat memotivasi wartawan di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota tersebut meningkatkan kualitas karya jurnalistiknya, kata Linny.