Gubernur gembira rute Palembang-Yogyakarta dibuka

id alex noerdin, gubernur sumsel

Gubernur gembira rute Palembang-Yogyakarta dibuka

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyambut gembira karena rute penerbangan Palembang-Yogyakarta dibuka kembali setelah beberapa bulan lalu sempat terhenti.

Pembukaan kembali jalur penerbangan itu menunjukan perekonomian semakin maju, kata gubernur saat peresmian rute Palembang-Yogyakarta oleh PT NAM Air di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, dengan dioperasikannya kembali rute penerbangan Palembang-Yogyakarta pulang pergi oleh PT NAM Air setiap hari dengan pesawat Type Boeing 737-500 merupakan penerbangan yang dinantikan masyarakat.

Hal ini karena dengan penerbangan langsung akan lebih menguntungkan dari segi waktu dan biaya, katanya.

Dalam kesempatan itu gubernur berharap kepada penerbangan lainnya agar dapat mengembangkan atau menambah rute ke kota yang ada di berbagai daerah.

Menurut dia, masih banyak kota di Sumatera yang belum terlayani seperti Palembang-Jambi, Palembang-Pekanbaru, Palembang-Padang dan lain-lain sehingga diharapkan dengan terpenuhinya rute itu akan memudahkan hubungan antara Sumsel dengan provinsi lainnya.

Menurut dia, sejak Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diresmikan pada 2005, pelabuhan udara ini terus mengalami peningkatan, baik jumlah pesawat, penumpang dan kargo.

Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah pergerakan pesawat, ditambahnya garbarata dari tiga menjadi lima unit, penambahan gedung terminal serta Apron yang saat ini sedang diperluas.

Selain itu, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel karena sudah menjadi embarkasi pemberangkatan calon haji.

Penerbangan Palembang-Yogyakarta PP dilayani dengan menggunakan pesawat Boeing 737-500 yang terdiri dari dua kelas yakni delapan kursi kelas executive, dan 112 kursi di kelas ekonomi.

Sementaran jadwal penerbangannya, dari Yogyakarta pukul 10.35 WIB, tiba di Palembang pukul 12.15 WIB.

Rute sebaliknya, dari Palembang pukul 14.35 WIB, tiba di Yogyakarta pukul 16.15 WIB.

NAM Air sendiri merupakan maskapai Indonesia yang melayani segmen medium-service dan merupakan anak maskapai dari Sriwijaya Air yang sudah berdiri sejak 2003.