Universitas Bina Darma Palembang tingkatkan pembinaan narapidana

id universitas bina darma, ubd, ubd palembang, pembinaan narapidana, pengabdian pada masyatakat, tri dharma perguruan tinggi

...Peningkatakan pembinaan itu merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Bina Darma Palembang, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan pembinaan terhadap narapidana yang menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di daerah setempat.

"Peningkatakan pembinaan itu merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat," kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma Palembang Dr Sunda Ariana di Palembang, Kamis.

Dalam setahun terakhir, pihaknya aktif melakukan pembinaan terhadap narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Palembang.

Ia mengatakan pembinaan yang telah berjalan dengan baik itu, sesuai dengan kerja sama antara Universitas Bina Darma Palembang serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Sumsel, saat ini secara bertahap ditingkatkan dengan melakukan pembinaan kepada narapidana dewasa.

Menurut dia, pembinaan yang dilakukan pihaknya tersebut didasari atas keprihatinan melihat minimnya fasilitas pembinaan terhadap narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Kota Palembang.

"Melihat kondisi minimnya fasilitas dan petugas pembina di lembaga pemasyarakatan anak tersebut, pihaknya mencoba membantu sejumlah fasilitas yang dibutuhkan dan menugaskan dosen untuk ikut membina para narapidana anak," ujarnya.

Untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana anak dan dewasa di daerah itu, pihaknya membantu penyediaan fasilitas pendukung, seperti perangkat komputer dan menugaskan sejumlah dosen dari Fakultas Teknologi Informasi, Psikologi, dan Fakultas Teknik.

Ia mengharapkan melalui pengabdian pada masyarakat tersebut, warga binaan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara bisa memiliki kepribadian yang lebih baik, mengenal teknologi inforamsi dan teknik, serta bisa mandiri setelah menjalani masa hukuman dan kembali ke tengah-tengah masyarakat.