Tim Paskibraka OKU wisata ke Jakarta

id Paskibraka, tim paskibraka oku

Tim Paskibraka OKU wisata ke Jakarta

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Tim Pasukan pengibar bendera pusaka Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan yang bertugas mengikarkan bendera pada upacara HUT ke-69 RI di Baturaja, 17 Agustus lalu berkesempatan wisata menambah wawasan kebangsaan ke Jakarta dan Bandung.

"Ini merupakan hadiah ucapan terimakasih Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), karena telah suskses mengibarkan bendera pada 17 Agustus lalu," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata OKU, Aufa S Sarkomi, di dampingi Kepala Bidang Kepemudaan, Iwan Setiawan di Baturaja, Kamis.

Menurut Aufa, total personel yang mengikuti karya wisata sekaligus studi banding wawasan kebangsaan ke Jakarta dan Bandung, sejak 21-27 Agustus itu berjumlah 70 orang, dengan rincian 32 orang Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang bertugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka saat upacara HUT RI, baik bertugas di OKU dan provinsi, maupun bertugas di Jakarta.

Selanjutnya, ditambah perwakilan pengurus Purna Paskibraka, pelatih dan pembimbing dari TNI dan Polri, pihak kesehatan, serta panitia dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata OKU, tegasnya.

Menurut dia, seluruh peserta itu akan wisata ke Jakarta dan Bandung.

"Untuk Jakarta dijadwalkan menuju Istana Kepresidenan," ungkapnya.

Wawasan kebangsaan ini, selain memberikan pengetahuan bernilai kebangsaan mulai dari sejarah dan budaya, juga memberikan hiburan dan penyegaran bagi petugas upacara khususnya Paskibraka telah berjuang dan mensukseskan pelaksanaan pengibaran bendera pada HUT RI 17 agustus lalu.

"Ini bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih untuk Paskibraka, selain studi banding, untuk masing-masing anggota diberikan uang pembinaan sebesar Rp100 ribu perbulan selama 18 bulan," ujarnya.