Dinkes Musi Banyuasin optimalkan pemantauan kinerja Puskesmas

id pelayanan kesehatan, puskesmas, kinerja puskesmas

...Guna meningkatkan dan mengedepankan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, kami berupaya mengoptimalkan pemantauan kinerja Puskesmas...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengoptimalkan pemantauan kinerja pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas yang ada di setiap kecamatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat setempat.

"Guna meningkatkan dan mengedepankan mutu pelayanan kesehatan masyarakat di Bumi Serasan Sekate ini agar semakin baik dan menyentuh langsung, kami berupaya mengoptimalkan pemantauan kinerja Puskesmas di kabupaten ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, dr.Sriwijayani di Sekayu, Selasa.

Selain itu juga dilakukan evaluasi kinerja pegawai dan petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, dan bidan desa di Poliklinik Desa (Polindes), katanya.

Menurut dia, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kabupaten ini, saat ini pihaknya terus berupaya mengoptimalkan kinerja pegawai dan petugas medis dengan melakukan monitoring dan evaluasi program pelayanan kesehatan.

Secara umum kinerja petugas dan program pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kabupaten penghasil minyak dan gas bumi itu, telah berjalan cukup baik.

Untuk tetap mempertahankan kondisi tersebut bahkan secara bertahap ditingkatkan kualitasnya, pengawasan dan evaluasi kinerja di lingkungan Dinas Kesehatan Muba akan terus dilakukan secara berkala.

"Monitoring dan evaluasi tersebut dilakukan sebagai sarana peningkatan disiplin seluruh pegawai, mulai dari bidan desa di seluruh Polindes, pegawai dan petugas medis Puskesmas, RSUD, hingga pegawai di Kantor Dinkes Muba," ujarnya

Dia menjelaskan, dengan kegiatan rutin tersebut, bisa diketahui dengan cepat kendala yang dihadapi seluruh pegawai yang bertugas sebagai aparatur di bidang kesehatan dan dapat diupayakan jalan keluarnya dengan tepat.

Melalui berbagai kegiatan tersebut diharapkan pula setiap tahunnya pelayanan masyarakat di bidang kesehatan dapat lebih baik, sehingga ke depan kualitas kesehatan masyarakat Muba semakin baik dengan tingkat harapan hidupnya yang tinggi di atas 64 tahun, kata Sriwijayani.