Wagub Sumsel ingatkan penanggulangan HIV/AIDS tugas bersama

id ishak mekki, wagub sumsel

Wagub Sumsel ingatkan penanggulangan HIV/AIDS tugas bersama

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengingatkan bahwa upaya penanggulangan HIV/AIDS menjadi tugas bersama, karena ancaman penularannya perlu diantisipasi semua pihak.

Mereka yang bisa tertulari HIV/AIDS masih sulit untuk mengidentifikasinya, sehingga pencegahan penularannya menjadi tugas bersama agar dapat melakukan penanggulangan secara efektif, kata Wagub Sumsel ini, saat sosialisasi pencegahan HIV/AIDS, di Palembang, Rabu.

Menurut Ishak Mekki, keberhasilan penanggulangan HIV/AIDS sangat ditentukan oleh komitmen yang kuat dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat.

Dia menegaskan, Pemprov Sumsel menyambut baik pelaksanaan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS ini.

Namun, lanjut dia, dalam penangananannya harus dibangun kemauan yang kuat serta bersinergi dengan semua pihak.

"Jadi, peran semua pihak sangat diperlukan melalui kontrol masyarakat terhadap lingkungan mereka tinggal untuk pengendalian penularannya," ujar dia lagi.

Direktur Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Sonny W Manalu mengatakan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan sekitar 140 ribu per tahun warga Indonesia yang positif terinfeksi HIV dan terkena AIDS.

Menurut dia, salah satu langkah yang dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS itu, seperti sosialisasi yang dilaksanaanakan di Sumsel ini.

Sosialisasi ini diharapkan akan melahirkaran duta-duta kecil yang nantinya akan menginformasikan ancaman penularan HIV/AIDS di lingkungan masing-masing.

Dia menilai, Pemprov Sumsel sangat berkomitmen dalam menanggulangi penyebaran dan penularan HIV/AIDS dengan telah melaksanakan sosialisasi seperti ini.

Dalam sosialisasi itu juga hadir duta pencegahan HIV/AIDS, Dona Arsinta.