Mendagri: 214 Daerah akan Pilkada 2015

id mendagri, rakor forum komunikasi

Mendagri: 214 Daerah akan Pilkada 2015

Mendagri pada rakoor forum komunikasi di Palembang, Senin (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, sebanyak 214 daerah se-Indoensia tahun 2015 akan melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah itu tersebar baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, kata menteri dalam pengarahannya pada acara rapat koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah dan keprotokolan di Palembang, Senin.

Menurut Mendagri, pemilihan kepala daerah (Pilkada) tersebut harus dilaksanakan secara maksimal agar didapat pemimpin yang berkualitas.

Mengenai rencana pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara serentak, dia mengatakan, masalah itu masih dalam pembahasan.

Hal ini karena Rancangan Undang-Undang terkait dengan pelaksanaan Pilkada itu sedang dibahas yang diharapakn dalam waktu dekat rampung, ujar dia.

Selain akan melaksanakan pemilihan kepala daerah, juga sedang dibahas daerah pemekaran atau daerah otonomi baru (DOB).

Usulan daerah otonomi baru itu sedang dibahas di DPR RI untuk melihat kelayakannya, kata dia.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, memang Sumatera Selatan sudah melaksanakan pemilihan kepada daerah yang berlangsung sukses.

Begitu juga pemilihan umum presiden dan wakil presiden lalu berjalan lancar karena berkat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk Polri dan TNI.

Rapat koordinasi forum pimpinan daerah antara lain dihadari para bupati dan wali kota serta kepala dinas dalam jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel.

Dalam rapat koordinasi itu juga hadir Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Bambang Budi Waluyo serta pejabat lainnya.