Stok beras Bulog Sumsel cukup hingga April 2015

id beras, stok beras bulog

Stok beras Bulog Sumsel cukup hingga April 2015

beras bulog (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketahanan stok beras di Perum Bulog Divre Sumatera Selatan sampai sekarang ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 8,1 bulan ke depan atau sampai April 2015.

"Stok beras sampai April 2015 dan kita akan terus melakukan pembelian," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan Bambang Napitapulu di Palembang, Rabu.

Menurut dia, di Sumsel itu mulai Februari 2015 para petani di provinsi tersebut sudah mulai panen lagi.

"Kita akan terus melakukan pembelian beras kembali di daerah-daerah sentra produksi dan mudah-mudahan panennya sukses," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyerapan beras para petani untuk pengadaan di daerah-daerah yang menjadi sentra produksi seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir.

Kemudian ada beberapa kabupaten lagi seperti di Musibanyuasin dan beberapa wilayah di Kabupaten Lahat dan kabupaten lainnya di Sumsel, ujarnya.

Ia menyatakan, pengadaan beras di Sumsel itu dalam satu tahun ada dua musim yakni musim rendengan pada Februari, Maret, Mei dan pada Oktober masuk panen gadu.

"Dalam pengadaan ini bisa menyerap beras untuk menambah cadangan stok kita, pengadaan dari target 125 ribu ton pada 2014 hingga Agustus sudah mencapai 73,54 persen," tuturnya.

Untuk 2014 ini penyerapan pengadaan ada 53 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan beras keluarga miskin, kebutuhan sosial dan Depkumham sekaligus untuk operasi pasar dan bencana alam ketika harga melambung, katanya.