BPBD Muba bagikan masker atasi kabut asap

id muba, kabut asap, bagikan masker, badan penanggulangan bencana daerah, bpbd muba, msker, gangguan kesehatran

BPBD Muba bagikan masker atasi kabut asap

BPBD Kabupaten Muba membagikan masker secara gratis mengatasi bencana kabut asap pada puncak musim kemarau 2014 ini. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Cuaca panas pada puncak musim kemarau September 2014 ini menyebabkan kebakaran hutan dan lahan serta mengakibatkan Bumi Serasan Sekate diselimuti kabut asap...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan membagikan ratusan masker secara gratis kepada masyarakat setempat guna mengatasi bencana kabut asap yang terjadi pada September 2014 ini.

"Cuaca panas pada puncak musim kemarau September 2014 ini menyebabkan kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan Bumi Serasan Sekate diselimuti kabut asap sehingga mengganggu kesehatan dan berbagai aktivitas masyarakat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin, Sofyan Wahidun di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, wilayah Kabupaten Muba sangat rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan karena sekarang ini terdapat beberapa titik api (hotspot).

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat mengakibatkan bencana kabut asap, pihaknya sekarang ini menyiapkan sejumlah kegiatan penanggulangan bencana tersebut.

Khusus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, pihaknya menurunkan petugas ke titik api atau kawasan hutan dan lahan pertanian atau perkebunan yang mengalami kebakaran.

Sedangkan untuk menanggulangi masalah kabut asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat, pihaknya membagikan masker kepada pengguna jalan terutama di Kota Sekayu, Ibu Kota Kabupaten Muba.

"Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit inpeksi saluran pernafasan akut (ISPA), kami membagikan ratusan masker bagi pengguna jalan di beberapa titik Kota Sekayu," ujarnya,

Dalam kegiatan pembagian masker tersebut, pihaknya menurunkan puluhan petugas di beberapa titik seperti di kawasan Jalan Kolonel Wahid Udin, dan Pasar Perjuangan Sekayu.

Pembagian masker gratis tersebut merupakan yang kedua, sebelumnya pada awal September, BPBD Muba membagikan ratusan masker kepada masyarakat terutama pengguna jalan yang melintas di depan lampu merah simpang Pasar Pagi, kata Sofyan.