PDIP tempatkan pimpinan DPRD hampir seluruh provinsi

id pdip, dpp pdip

PDIP tempatkan pimpinan DPRD hampir seluruh provinsi

PDIP Tempatkan Pimpinan DPRD di 26 provinsi di Indonesia (Foto: antarasumsel.com/14/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) -PDI Perjuangan menempatkan kader partainya menjadi pimpinan DPRD di 26 provinsi di seluruh Indonesia hasil pemilu legislatif lalu.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Keanggotaan, Kaderisasi dan Rekrutmen, Idham Samawi menyampaikan hal itu setelah pembukaan pendidikan kader khusus bagi anggota DPRD kabupaten/kota dan DPRD provinsi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk DPRD provinsi PDI Perjuangan menang di 17 provinsi sehingga menjadi Ketua DPRD provinsi, sedangkan untuk Wakil Ketua DPRD provinsi di sembilan provinsi berarti ada 26 provinsi partai ini menempatkan kadernya menjadi pimpinan DPRD provinsi.

"Sementara untuk DPRD kabupaten/kota kita hampir 200 kabupaten/kota yang Ketua DPRD-nya dari PDI Perjuangan, jadi hampir separuh," katanya.

Ia mengatakan, untuk DPR RI menjadi pemenang dengan 19 persen lebih dengan menempatkan 109 orang anggota.

"Sementara pada Pemilu Presiden 9 Juli lalu kita menjadi pemenang yakni Joko Widodo (Jokowi)," ujarnya.

Karena itu, sekarang ini PDI Perjuangan melakukan pendidikan kader khusus bagi anggota DPRD kabupaten/kota dan DPRD provinsi dengan tiga konsolidasi ideologi, konsolidasi organisasi dan konsolidasi merebut kekuasaan secara konstitusi.

"Kami sadar yang dilakukan pertama mengurusi sumber daya manusia di DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi dan pada saatnya DPR RI, karena mereka pemegang pemerintahan," tuturnya.

Ia menyatakan, kalau di pusat, Presiden bersama DPR RI, sedangkan di provinsi, gubernur bersama DPRD provinsi dan di kabupaten/kota, bupati/wali kota bersama dengan DPRD kabupaten/kota.

Untuk di Sumsel ada tiga anggota DPR RI-nya, kemudian di DPRD Provinsi Sumsel ada 13 orang, dan di kabupaten/kota ada 83 orang, katanya.