Anggota DPRD Musi Banyuasin mulai bertugas

id dprd muba, mulai bekerja, anggota dprd muba, dprd

Anggota DPRD Musi Banyuasin mulai bertugas

Anggota DPRD Muba salaman komando seusai acara pelantikan. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Hari ini hingga lima tahun ke depan seluruh wakil rakyat yang terpilih dalam Pemilihan Umum Legislatif, 9 April 2014 mulai bekerja...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan periode 2014-2019 efektif mulai bertugas mengemban aspirasi rakyat setelah dilantik dalam sidang paripurna di Gedung DPRD kabupaten setempat, Kamis (11/9).

"Hari ini hingga lima tahun ke depan seluruh wakil rakyat yang terpilih dalam Pemilihan Umum Legislatif, 9 April 2014 mulai bekerja dan diharapkan bisa memenuhi janji politiknya kepada masyarakat," kata Sekretaris DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), H.M Sayuti di Sekayu, Jumat.

Anggota DPRD Kabupaten Muba yang mendapat kepercayaan masyarakat dari Daerah Pemilihan Muba 1 yakni asal Partai Amanat Nasional Yulisman, SH dan Tapriansah, S.Pdi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Darwin, AH, SH dan Sodigun, Partai Golongan Karya H. Islan Hanura, ST, MM, Partai Nasional Demokrat Ziadatulher, SE, MH.

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya Adam Munandar, SE, Partai Kebangkitan Bangsa Supriasihatin, Partai Demokrat Nuti Romayana, S.Pd.I, Partai Keadilan Sejahtera Dear Fauzul Azim, ST, Partai Hati Nurani Rakyat A. Rahman Senen, SE, serta dari Partai Bulan Bintang Widarwono.

Daerah Pemilihan Muba 2 yakni dari PAN Abusari SH, M.Si dan Suparman Sy. Bahri, PDI-P Jon Kenedi, S.Ip, dan H. Bambang Kariyanto, ST, Partai Golkar Bahrul, SH, Partai Nasdem Ciptarokusno S.Farm, Partai Gerindra Aidil Fitri, SE, PKB Rustam, Partai Demokrat Hairul Ilyansa, S.Ag, dari PPP Amrie.

Daerah Pemilihan Muba 3 dari PAN Ujang M. Amin, Emi Eliyati, SE, dan Riamon Iskandar, PDI-P Ismawati, SE, dan H.Ismail, Partai Golkar Jaini, S.Sos dan Sugondo, Partai Nasdem Ir. C Kawairus Effendy, Partai Gerindra Edi Heriyanto, PKB H.Parlindungan Harahap, SH, Partai Demokrat Iin Febrianto, S.Ip, PKS Iwan Aldes SSos MSi.

Daerah Pemilihan Muba 4 dari PAN Sumarno, SE, Ely Januari, Am.Keb.SKM, PDI-P H.Ahmadi Dausat, SE dan Nyadi Yanto, Partai Golkar Marzuki, SE, Partai Nasdem Depy Irawan, SE, Partai Gerindra Paimin, PKB Heriyadi, Partai Demokrat Abdul Kadir, AK,SH, PKS Ir.Amir Husin, serta Partai Hanura Junsak Hasanudin.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan wakil rakyat tersebut, menurut dia berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel No.490/KPTS/II/2014 tentang Peresmian Pemberhentian dan Peresmian Pengangkatan anggota DPRD Muba.

Rapat paripurna istimewa yang berlangsung pada Kamis (11/9) dipimpin Ketua DPRD Muba lama periode 2009-2014, Uzer Effendi, dan dihadiri Bupati Muba H.Pahri Azhari, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, staf ahli Gubernur Sumsel Bidang Hukum dan HAM Sudirman, Sekda Muba Sohan Majid, para Asisten, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Taryan Setiawan, pimpinan Forum Konunikasi Pemerintah daerah (FKPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Muba serta seluruh anggota dewan beserta keluarga.

Pengambilan sumpah janji anggota dewan periode lima tahun ke depan itu dipandu Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Taryan Setiawan sekaligus menyematkan pin emas atau tanda jabatan anggota DPRD Muba secara simbolis, katanya.

Setelah dibukanya rapat dan pengucapan janji, anggota DPRD Muba yang lama dan tidak terpilih lagi meninggalkan kursinya, kemudian kursinya akan digantikan oleh anggota dewan yang baru dilantik.

Sementara untuk jabatan Ketua DPRD Muba 2014, berdasarkan amanat Undang Undang Dasar Nomor 27 Tahun 2009 mengenai pimpinan sementara DPRD, Pasal 355 ayat (1) yaitu dalam hal pimpinan DPRD kabupaten/kota belum terbentuk, DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara.

Kemudian berdasarkan ayat (2) yakni pimpinan sementara yang terdiri satu orang ketua dan satu orang wakil ketua yang berasal dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD kabupaten/kota.

Untuk mengisi jabatan ketua dan wakil sementara dijabat oleh Abusari dari Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai ketua, dan Darwin SH dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P).

Sementara itu, Bupati Muba Pahri Azhari seusai rapat paripurna istimewa dan pengambilan sumpah tersebut mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Muba yang telah terpilih, dan mengharapkan agar bisa bekerja dengan baik serta memberikan sumbangsih terhadap masyarakat dan kabupaten setempat.

Anggota DPRD Muba yang baru dilantik ini diharapkan dapat mengemban kepercayaan dari masyarakat dan menjalanan amanah dengan baik. Semoga dengan dilantiknya anggota dewan yang baru dapat bersama-sama membangun kabupaten ini lebih baik lagi ke depannya, kata bupati.