Pemkab OKU raih Sertifikat Wahana Tata Nugraha

id wtn, sertifkat wtn

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melalui Dinas Perhubungan setempat meraih sertifikat Wahana Tata Nugraha 2014 dari Kementrian Perhubungan RI.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Firmansyah di Baturaja, Senin mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementrian RI sebanyak empat kali berturut-turut.

Namun, kata dia, sangat disayangkan Dishub OKU belum bisa meningkatkan prestasi dengan mendapatkan piala WTN dari kementrian yang sama.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali mendapatkan sertifikat WTN, meskipun belum bisa memperoleh penghargaan dalam bentuk piala," katanya.

Meski hanya mendapat sertifikat, Firmansyah mengaku bersyukur, karena penghargaan ini menunjukan komitmen peningkatan kualitas dalam bidang transportasi, terhadap sarana dan prasarana masyarakat di wilayah itu.

"Menurut saya pencapaian ini sudah cukup bagus. Yang jelas tahun depan kita targetkan OKU mendapat piala WTN, bukan hanya sertifikat," kata Firmansyah.

Disinggung apa yang menjadi kendala sehingga Dishub OKU belum mendapatkan piala WTN 2014 dari Kementrian Perhubungan, antara lain penyebabnya karena terminal dan trakyek kendaraan di wilayah itu belum berfungsi secara maksimal.

"Selain itu, jalur kita juga pendek, sehingga kesulitan untuk menetapkan trakyek kendaraan. Yang jelas ke depan kedua hal ini akan kita maksimalkan dan semakin diperbaiki," tegasnya.

Meski hanya memboyong sertifikat, OKU mendapat nilai plus dalam prilaku masyarakatnya berlalu lintas di jalan raya.

Bahkan 80 persen masyarakatnya patuh berlalulintas, katanya.

"Kita juga diapresiasi telah berhasih melakukan sosialisasi berlalulintas dan penyelenggara jalan ke sekolah-sekolah yang ada di Baturaja OKU," ujarnya.