UBD Palembang terima belasan mahasiswa asing

id ubd, universitas bina darma, universitas bina darma palembang, mahasiswa asing, terima mahasiswa asing

UBD Palembang terima belasan mahasiswa asing

Wakil Rektor UBD Palembang Dr.Sunda Ariana MPd. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing, pihaknya terus berupaya melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga pendidikan di luar negeri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, Sumatera Selatan, menerima belasan mahasiswa asing dari sejumlah negara di kawasan Asia pada tahun akademik 2014/2015.

"Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini ada 16 mahasiswa baru dari sejumlah negara Asia seperti Laos, Kamboja, Vietnam, Jepang, Thailand, dan Tiongkok masuk ke kampus ini," kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma Dr Sunda Ariana MPd, di Palembang, seusai peresmian gedung baru dan kuliah perdana mahasiswa baru di Palembang, Senin.

Dengan hadirnya mahasiswa asing tersebut, dalam tiga tahun terakhir kampus ini telah menerima sekitar 100 mahasiswa dari kawasan Asia, katanya.

Dia menjelaskan, mahasiswa asing mulai masuk ke Universitas Bina Darma Palembang pada Tahun Akademik 2012/2013 melalui program Darmasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Melalui program Darmasiswa Kemendikbud 2012 itu, pada awalnya kampus dengan semboyan menuju universitas berstandar internasional (Toward International Standard) kami hanya merima lima orang mahasiswa dari Thailand dan Laos, kini jumlahnya terus bertambah," ujarnya.

Menurut dia, untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing di perguruan tinggi swasta ini, pihaknya terus berupaya melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga pendidikan di luar negeri.

"Untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing, hari ini kami melakukan perjanjian kerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (Seamolec)," ujar Sunda.

Melalui kerja sama tersebut, dia berharap ke depan bisa semakin banyak lagi mahasiswa asing yang masuk ke kampus ini serta dapat mempercepat terwujudnya visi dan misi menjadi perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumsel berprestasi di tingkat regional Asia pada 2020, dan berstandar internasional pada 2025.