Buah kelapa Sumsel diekspor ke Tiongkok

id ekspor kelapa ke tingkok, kelapa sumsel diekspor ke tingkok, buah kelapa, ekspor

Buah kelapa Sumsel diekspor ke Tiongkok

Buah kelapa disortir oleh pekerja UD Bersama untuk diekspor ke Tiongkok. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Setiap minggunya kami mengirim buah kelapa ke Tiongkok 10 hingga 15 kontainer atau sekitar 100.000 sampai 150.000 butir per minggu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Ratusan ribu butir buah kelapa pilihan berkualitas super setiap minggu diekspor secara langsung oleh perusahaan Usaha Dagang Bersama di Kelurahan 1 Ilir Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan ke Tiongkok.

"Setiap minggunya kami mengirim buah kelapa ke Tiongkok 10 hingga 15 kontainer atau sekitar 100.000 sampai 150.000 butir per minggu," kata Adin pengelola UD Bersama, di Palembang, Rabu.

Guna memenuhi pasar ekspor tersebut, pihaknya melakukan pembinaan terhadap warga transmigran di kawasan jalur wilayah Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Dengan melakukan pembinaan terhadap warga transmigran pada dua kabupaten terdekat dengan Kota Palembang ibu kota Provinsi Sumsel itu, pihaknya tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan mitra dari Tiongkok.

Selama menjalin kerja sama dengan mitra di luar negeri itu, pengiriman buah kelapa dapat dilakukan dengan lancar, mengingat pasokan dari petani tidak pernah berhenti meskipun dalam kondisi kering seperti pada musim kemarau sekarang ini.

"Buah kelapa tidak mengenal musim, petani yang dibina untuk menjadi pemasoknya secara rutin mengirim ke tempat pengumpul dan penyortiran di Daerah Aliran Sungai Musi kawasan Kelurahan 1 Ilir ini," ujarnya pula.

Dia mengemukakan, meskipun telah memiliki petani binaan, pihaknya juga memberi kesempatan kepada petani lain yang memiliki kebun kelapa utuk menjadi pemasok komoditas ekspor ke perusahaanya itu.

Semakin banyak petani yang bisa memasok buah kelapa secara rutin, membuat pihaknya dapat terus menjamin pemenuhan permintaan buah kelapa dari mitra usaha di Tiongkok, bahkan bisa meningkatkan volumenya dan memperluas negara tujuan ekspor, ujarnya pula.