Belasan PNS di lingkungan KPU diangkat sumpahnya

id kpu, kpu sumsel

Belasan PNS di lingkungan KPU diangkat sumpahnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 14 orang pegawai negeri sipil bertugas di lingkungan Komisi Pemilihan Umum di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan diangkat sumpah/janjinya.

"Kegiatan sumpah/janji ini bagi PNS di lingkungan KPU se-Sumsel sebanyak 14 orang," kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan, HM Daud HD di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 14 PNS yang diangkat sumpah/janjinya itu dari Kabupaten Lahat, Lubuklinggau, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musirawas dan Kota Palembang.

"Dengan pelaksanaan sumpah tersebut maka telah resmi dan secara sah menjadi PNS di lingkungan KPU," katanya.

Ia mengatakan, setelah melalui berbagai tahap mulai dari honorer selama beberapa tahun, kemudian pemberkasan lalu menjadi CPNS, mengikuti diklat prajabatan dan akhirnya melaksanakan sumpah janji bagi PNS sesuai dengan PP 53 tahun 2010.

Ia berharap, setelah menjadi PNS mereka itu untuk terus mengembangkan diri dan tak bosan untuk belajar tentang hal-hal baru demi kemajuan karir dan KPU itu sendiri.

Ia menyatakan, sesuai dengan tema sumpah/janji kali ini yakni dengan semangat reformasi birokrasi mari tingkatkan profesionalisme, transparansi dan independensi untuk demokrasi yang lebih baik.

"Kita adalah pelayan bagi masyarakat yang membutuhkan keahlian dalam melayani, dituntut untuk bekerja secara profesional tidak boleh setengah-setengah, karena telah menjadi PNS," ujar Daud di hadapan para PNS tersebut.

Ia menuturkan, banyak kasus yang menjadi sengketa Pemilu baik itu Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden ataupun Pilkada diawali dari tidak independennya penyelenggara, karenanya jangan sekali-kali untuk berpihak dan menguntungkan pihak tertentu.

"Kita dituntut untuk selalu berbuat dan bekerja sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," katanya.