Bupati: PMI OKU diminta profesional layani masyarakat

id bupati oku, pmi harus profesional layani masyarakat

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pelaksana tugas Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan Drs H Kuryana Azis meminta agar seluruh pengurus Palang Merah Indonesia di daerah itu agar kedepan semakin profesional menjalankan tugas melayani masyarakat.

"Sesuai tema peringatan Hari Jadi Palang Merah Indonesia (PMI), maka saya berharap agar seluruh petugas PMI dapat melaksanakan misi kemanusiaannya secara totalitas," kata Kuryana saat memimpin upacara HUT ke-69 PMI Ogan Komering Ulu (OKU) di Gedung Olahraga (GOR) Baturaja, Rabu.

Dikatakannya, eksistensi PMI merupakan wujud pengamalan sila ke dua Pancasila yakni kemanusiaan yang adil dan beradab menghendaki setiap warga negara harus menempatkan sesama manusia dalam kehidupan saling menolong dalam penderitaan tanpa membeda-bedakan.

Menurut Kuryana, misi utama PMI adalah menyelamatkan manusia dari segala ancaman atau peristiwa yang membahayakan hidupnya, serta memberdayakan manusia agar mampu menyelamatkan dirinya sendiri.

"Paradigma misi PMI kedepan adalah mampu berpartisipasi dalam memajukan kehidupan masyarakat melalui gerakan dan kegiatan sosial. Tugas kita bukan hanya membesarkan PMI, tapi juga melaksanakan aksi nyata yang menjadi fungsi utama PMI," jelasnya.

Semakin berkembangnya tuntutan pelayanan tugas kemanusiaan, termasuk bertambah kompleksnya permasalahan sosial yang menyangkut nilai kemanusiaan, menjadi tantangan PMI harus disikapi.

Dalam upacara HUT PMI itu, hadir jajaran Pemda, unsur muspida serta angota PMI.