Bulog OKU tetapkan harga pokok pemerintah

id beras, bulog tetapkan hpp

Bulog OKU tetapkan harga pokok pemerintah

Beras tersedia di gudang bulog (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Urusan Logistik Sub Drive Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menetapkan harga pokok pemerintah beras sebesar Rp6.600 perkilogram.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Ogan Komering Ulu (OKU), Meizarani di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa harga beras tersebut merupakan Harga Pokok Pemerintah (HPP) yang ditetapkan langsung dari pusat.

"Besaran harga beli beras pemerintah yang menentukan," katanya.

Sementara, kata dia, untuk persedian beras sampai sekarang masih mampu mencukupi kebutuhan hingga Mei 2015.

Dikatakannya, banyaknya persediaan tersebut membuat pihaknya harus bekerja ekstra untuk menjaga kualitas beras agar tetap baik dan layak konsumsi meski disimpan dalam waktu lama.

Salah satu cara yang dilakukan guna menjaga kualitas agar terjamin, pihaknya menggunakan sistem regulasi beras yang dilakukan di gudang bulog dengan medote karung paling atas dan mudah dijangkau langsung dikeluarkan, katanya.

Ia mencontohkan, saat ada bencana hinga tidak dimungkinkan dilakukan regulasi, sehingga mana beras yang lebih mudah didapat langsung dikeluarkan.

Selain itu, pihaknya juga memastikan dilakukan pengobatan terhadap beras yang masuk guna terbebas dari kutu dan kapang.

"Sebelum beras masuk ke gudang pasti kami periksa guna memastikan kualitas barang yang masuk benar-benar bagus, namun jika terdapat yang rusak saat pendistribusian ke masyarakat kita harapkan segera lapor untuk diganti," ujarnya.