Badan Perpustakaan Muba galakkan minat baca masyarakat

id tingkatkan minat baca masyarakat, badan perpustakaan daerah muba, muba

Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggalakkan minat baca pelajar dan masyarakat secara umum dengan mengoptimalkan perpustakaan keliling.

Selain itu pada momentum tertentu menggelar sejumlah lomba seperti lomba bercerita, cerdas cermat, dan lomba berpidato, kata Asisten III Setda Musi Banyuasin (Muba), Akmal Edy di Sekayu, Jumat.

Dengan dioptimalkannya perpustakaan keliling dan kegiatan lomba tersebut diharapkan dapat menumbuhkan minat baca masyarakat serta cinta perpustakaan di Bumi Serasan Sekate ini, katanya.

Dia menjelaskan, sesuai arahan Bupati Muba, Pahri Azhari, pihaknya berupaya mendorong setiap usaha yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar selaku generasi penerus bangsa.

Selain menggelar lomba, pihaknya juga gencar melakukan kegiatan sosialisasi kearsipan kepada para guru dan pegawai negeri sipil yang ada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Melalui sejumlah kegiatan tersebut, diharapkan selain dapat memacu semangat pelajar dan masyarakat gemar membaca, juga dapat meningkatkan pemahaman kesadaran tentang penyelamatan arsip daerah bagi SKPD, kata Akmal.

Sementara Kepala BPAD Muba, Dewi Kartika menambahkan, kegiatan lomba dan bimbingan teknis (Bimtek) yang rutin digelar di lingkungan permukiman masyarakat dan SKPD di lingkungan Pemkab Muba SKPD, bertujuan untuk menanamkan cinta buku dan perpustakaan, yang diharapkan pada akhirnya mereka gemar membaca,

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat di kabupaten ini, pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, karena dengan keterbatasan personel dan fasilitas pendudukung, tidak mungkin bisa dilakukan lembaganya sendiri, ujarnya.