LIPI alih teknologi melalui Pekan Inovasi Teknologi

id lipi, lembaga ilmu pengetahuan, lipi siapkan hasil teknologi untuk sektor swasta, hasil riset, riset

LIPI alih teknologi melalui Pekan Inovasi Teknologi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

...Dalam kegiatan ini kami siapkan hasil teknologi yang dapat digunakan sektor swasta. Ini jadi salah satu langkah nyata LIPI untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat...
Surabaya (ANTARA Sumsel) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  melaksanakan alih teknologi dengan memperkenalkan berbagai teknologi terapan sekaligus berbagai pelatihan terkait sistem manajemen mutu melalui Pekan Inovasi Teknologi di Surabaya, Jawa Timur.    
  
"Dalam kegiatan ini kami siapkan hasil teknologi yang dapat digunakan sektor swasta. Ini jadi salah satu langkah nyata LIPI untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat melalui hasil-hasil riset," kata Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Prof Dr Bambang Subiyanto pada soft opening pameran Pekan Inovasi Teknologi di Surabaya, Rabu.
       
Beberapa teknologi hasil penelitian yang dibawa LIPI dalam Pekan Inovasi Teknologi ini antara lain teknologi yang berkaitan dengan penjernihan air, pengembangan sorgum untuk bahan bakar biomassa, bioethanol, hingga pakan ternak, serta pembibitan peneluran ikan dan ayam, teknologi pengalengan dan pengawetan makanan, pembuatan pupuk organik.
       
"Dengan mengedepankan inovasi dalam proses inkubasi dan alih teknologi, LIPI berharap bisa berperan besar, signifikan dan nyata," ujar dia.
        
Percepatan proses alih teknologi guna memperkuat dunia usaha sekaligus menumbuhkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sangat penting dilakukan di berbagai daerah. Hal tersebut, ia mengatakan sebagai upaya meningkatkan daya saing dengan memperbaiki dan meningkatkan standar kualitas produk-produk dalam negeri dengan menggunakan teknologi.
       
Pekan Inovasi Teknologi yang digelar LIPI bekerja sama dengan Balitbang Provinsi Jawa Timur dan Kadin Provinsi Jawa Timur sejak 23 hingga 26 September 2014, menurut dia, menjadi salah satu upaya menciptakan sinergi antar akademisi, peneliti, pakar, pebisnis, dan pemerintah (academic, business, government/ABG) di daerah.

       
Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur
Priyo Dharmawan mengatakan kegiatan seperti Pekan Inovasi Teknologi tempat bertemunya para penghasil teknologi dengan pengusaha menjadi penting untuk secara rutin digelar.
       
"LIPI harus terus gelar kegiatan seperti ini, bisa bergantian di tiap daerah, ini membantu pengusaha untuk tahu teknologi-teknologi yang mungkin dapat membantu usaha mereka lebih berkembang. Kami dukung anggaran untuk LIPI ditambah supaya kegiatan seperti ini terus bisa dilaksanakan," ujar dia.
       
Kegiatan yang digelar di Dyandra Convention Center, Surabaya ini tidak hanya memamerkan teknologi-teknologi inovasi tetapi juga diisi dengan beberapa kegiatan seperti pelatihan sistem manajemen mutu, bimbingan teknis penulisan paten, dan talk show kalibrasi--metrologi.
       
Selain itu, dalam Pekan Inovasi Teknologi juga diadakan Annual Meeting on Testing and Quality (AMTEQ), temu bisnis, bedah buku, serta temu inovator dan investor yang melibatkan pula akademisi dari perguruan tinggi di Surabaya.