Peserta MTQ internasional lihat Al Quran raksasa

id al quran, al quran raksasa

Peserta MTQ internasional lihat Al Quran raksasa

Al Quran raksasa (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Peserta Musabaqah Tilawatil Quran internasional dari sejumlah negara diajak panitia melihat Quran Raksasa di Palembang, Sabtu.

Para peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) internasional tersebut ternyata tertarik, terbukti mereka begitu melihat langsung membaca kitab suci Al Quran raksasa 30 juz hasil karya Syofatillah Mohzaibdi di Gandus Palembang.

Berbagai peserta MTQ merasa kagum atas Quran akbar yang ditulis dan diukir pada kepingan kayu.

Sementara, sejumlah ulama dan seniman kaligrafi di Sumatera Selatan berhasil menorehkan sejarah baru dalam dunia kaligrafi. Dalam waktu delapan tahun, mereka berhasil memahat 30 juz ayat suci Al-Quran dalam 315 lembar kayu trembesi.

Tidak kurang dari Rp2 miliar dihabiskan untuk mewujudkan cita-cita yang fenomenal itu.

Sofwatillah Mohzaib, salah seorang penggagas Al-Quran terbesar itu, mengatakan, sebelum resmi dipublikasikan, pihaknya sengaja memajang seluruh ayat-ayat suci itu di dalam ruang pamer Masjid Agung Palembang selama tiga tahun.

Al-Quran ini terbuat dari kayu trembesi dengan ukuran yang terbilang tidak main-main. Tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter. Ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter.

Setidaknya 40 meter kubik kayu trembesi dihabiskan untuk membuat Al-Quran ini. Masing-masing lembar Al-Quran panjang dua meter dan lebar 1,2 meter. Setiap tepi lembar Al-Quran raksasa itu dihiasi dengan ukiran ornamen khas Palembang yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 Januari 2012.

Syofatillah Mohzaibdi mengatakan, tertariknya peserta MTQ internasional setelah ditampilkannya Quran tertsebut melalui media elektronik di tempat menginap peserta.

Dengan ditampilkannya Quran raksasa itu sehingga peserta MTQ dari berbagai negara tertarik untuk melihat langsung, kata dia.

Memang, ada yang ingin pergi sendiri tetapi panitia menyarankan untuk pergi bersamaan.

Oleh karena itu peserta MTQ internasional berkunjung langsung ke tempat Quran raksasa yang dibuat secara bertahap tersebut.

Pantauan di lokasi, peserta kelihatan kagum atas karya pembuatan Quran raksasa tersebut.

Peserta dari berbagai negara seperti Maroko, Belanda, Inggris, Iran, Saudi Arabia, Mesir, Malaysia, Sudan, Libya, Lebanon dan Bahrain itu langsung berdialog tentang pembuatan Quran raksasa tersebut.

Quran raksasa yang dipanjang di samping rumah Syofatillah itu tertata dengan rapi dan cukup terawat.

Salah satu panitia mengatakan, memang pihaknya menjadwalkan kepada peserta untuk melihat Quran raksasa tersebut.

Dengan dijadwalkannya peserta melihat quran raksasa yang secara resmi penyelesaiannya ditandatagani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012 itu supaya mereka tidak penasaran.

Murad YM Abugharbia Mariam dari Palestina dan Muhammad M Halsim Bleir (Turki) sesampai di loksi Quran akbar langsung membaca kitab suci tersebut.