Gubernur minta pembakar hutan dihukum berat

id kebakaran, kebakaran hutan

Gubernur minta pembakar hutan dihukum berat

Kebakaran hutan ratusan hektare (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada aparat penegak hukum supaya pelaku intelektual pembakar lahan dan hutan dihukum lebih berat.

"Pembakar lahan dan hutan terutama pelaku intelektualnya hukumannya harus lebih berat," kata Gubernur di Palembang, Senin.

Bahkan, permintaan itu sudah disampaikan pada saat rapat koordinasi terbatas tentang kebakaran hutan dan lahan beberapa waktu lalu.

Menurut dia, siapapun yang terbukti melanggar larangan membakar hutan dan lahan agar diberi sanksi terutama perusahaan yang ikut terlibat di dalamnya.

Kesemuanya itu dilakukan agar ada efek jera bagi pembakar lahan dan hutan di wilayah Sumsel terutama saat musim kemarau sekarang ini.

Memang, lanjut gubernur, wilayah hutan dan lahan di Sumsel juga terdapat gambut dan bila itu terbakar sulit untuk dipadamkan.

Apalagi saat musim kemarau sekarang ini hutan rawan terbakar sehingga seluruh lapisan masyarakat harus selalu waspada sekaligus tidak membakar hutan.

Sehubungan itu mari bersama sama menjaga hutan dan lahan agar tidak terbakar supaya kabut asap menjadi hilang.

Namun, yang lebih penting lagi pengawasan dari seluruh lapisan masyarakat terutama dalam pencegahan kebakaran hutan di daerah ini.

Sebelumnya Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Fiandar kepada wartawan mengatakan, pelaku pembakar lahan di daerah ini sudah ada yang ditangkap dan sekarang kasusnya terus dikembangkan.