Dinkes Muba bagikan masker cegah peningkatan ISPA

id ispa, bagikan masker gratis, masker, cegah peningkatan penderita ispa, kabut asap, asap

...Pembagian ribuan masker secara gratis kepada masyarakat itu bertujuan untuk mengurangi terhirupnya udara yang tercemar asap sehingga dapat mengantisipasi terjadinya penyakit ISPA...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, saat kondisi udara diselimuti kabut asap sekarang ini membagikan masker untuk mencegah terjadinya peningkatan penderita nfeksi saluran pernafasan akut.

"Guna melindungi masyarakat dan mencegah peningkatan penderita penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat polusi asap kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau ini, kami turun ke tengah-tengah masyarakat untuk membagikan ribuan masker secara gratis," kata Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Sriwijayani, di Sekayu, Senin.

Menurut dia, dalam kegiatan pembagian masker tersebut, pihaknya menurunkan puluhan petugas yang didampingi Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2P-PL) Candra, serta Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Aris Wijayanto.

Pembagian masker secara cuma-cuma kepada masyarakat itu, dilakukan di sejumlah lokasi antara lain Jalan Kolonel Wahid Udin, sejumlah kawasan sekolah, Gelanggang Remaja Sekayu, dan sejumlah pusat kegiatan masyarakat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya membagikan 5000 masker secara gratis kepada masyarakat kabupaten setempat di kawasan permukiman penduduk, perkantoran, sekolah, pengendara sepeda motor dan pengguna jalan lainnya.

Pembagian ribuan masker secara gratis kepada masyarakat itu bertujuan untuk mengurangi terhirupnya udara yang tercemar asap sehingga dapat mengantisipasi terjadinya penyakit ISPA.

Dengan adanya pembagian masker tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Muba dan bisa mengurangi terjadinya kasus ISPA yang pada puncak musim kemarau September 2014 ini jumlahnya cenderung meningkat, ujarnya.

Sebelumnya pada bulan ini juga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba telah dua kali membagikan ribuan masker kepada masyarakat setempat guna melindungi masyarakat dari bencana kabut asap.

Kepala BPBD Musi Banyuasin, Sofyan Wahidun mengatakan, pembagian masker tersebut dilakukan untuk menanggulangi masalah kabut asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat.

"Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit inpeksi saluran pernafasan akut (ISPA), kami membagikan ratusan masker bagi pengguna jalan di beberapa titik dalam Kota Sekayu," ujarnya,

Dia menjelaskan, cuaca panas pada puncak musim kemarau sekarang ini menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang asapnya kini menyelimuti Bumi Serasan Sekate ini.

Wilayah Kabupaten Muba yang memiliki lahan pertanian, perkebunan, dan kawasan hutan yang luas sangat rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan karena sekarang ini terdapat beberapa titik api (hotspot).

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat mengakibatkan bencana kabut asap, pihaknya sekarang ini menyiapkan sejumlah kegiatan penanggulangan bencana tersebut.

Khusus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, pihaknya menurunkan petugas ke titik api atau kawasan hutan dan lahan pertanian atau perkebunan yang mengalami kebakaran, ujarnya.