Kabupaten Muba tuan rumah TOT pemetaan TTG nasional

id tot pemetaan terknologi tepat guna pedesaan, tot, training of trainers, pemetaan teknologi, pelatihan pelatih ttg

Kabupaten Muba tuan rumah TOT pemetaan TTG nasional

Bupati Muba H.Pahri Azhari pada acra pembukaan kegiatan TOT pemetaan TTG pedesaan tingkat nasional. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Dalam kegiatan tersebut, selama berada di kabupaten ini, para peserta selain mendapatkan penjelasan sejumlah materi pelatihan, juga akan mengikuti kegiatan praktik lapangan...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pelatihan Pelatih Pemetaan "Teknologi Tepat Guna" atau TTG tingkat nasional pada 27 September-1 Oktober 2014.

Kegiatan "Training 0f Trainers" (TOT) Pemetaan Teknologi Tepat Guna (TTG) Pedesaan tingkat nasional yang digelar Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri itu dikuti 70 peserta perwakilan dari setiap provinsi di Tanah Air, kata Bupati Musi Banyuasin, Pahri Azhari di Sekayu, Senin.

Menurut dia, dalam kegiatan tersebut, selama berada di kabupaten ini, para peserta selain mendapatkan penjelasan sejumlah materi pelatihan, juga akan mengikuti kegiatan praktik lapangan.

Untuk melakukan praktik lapangan, dijadwalkan berlangsung pada 30 September di dua desa yakni Desa Mekar Sari dan Desa Karya Maju, Kecamatan Keluang.

Dalam kegiatan praktik lapangan tersebut, objek yang menjadi sasaran para peserta yakni TTG pengolahan pangan, kerajinan songket, serta budidaya jamur tiram, katanya.

Dia mengharapkan, pelatihan tersebut dapat memberikan manfaat dan konstribusi bagi masyarakat kabupaten setempat dan hasil dari edukasi tersebut bisa diaplikasikan untuk kemajuan Kabupaten Muba dan daerah peserta.

Dengan dijadikannya daerah ini sebagai tuan rumah TOT Pemetaan Teknologi Tepat Guna Pedesaan tingkat nasional, dapat memberikan manfaat kepada Kabupaten Muba yang kini mengembangkan progam satu miliar satu desa, ujarnya.

Sebelumnya pada acara pembukaan kegiatan tersebut, Direktur SDA dan TTG Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kemendagri, Yuliati mengatakan, pengembangan Sumber Daya Manusia di pedesaan sangatlah penting dilakukan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

"Kita harus memberdayakan masyarakat agar mampu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) di sekitar lingkungannya dengan sentuhan TTG yang sesuai dengan kebutuhan mereka," ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kabupaten Muba yang dinilai telah berhasil menerapkan program alokasi dana desa (ADD) "Satu Miliar Satu Desa" diharapkan dapat menjadi contoh bagi kabupaten atau kota lainnya dalam meningkatkan pembangunan desa.

"Untuk itulah, Kemendagri menempatkan kabupaten dengan semboyan Bumi Serasan Sekate ini menjadi tuan rumah TOT Pemetaan TTG Pedesaan tingkat nasional ini," ujarnya.