Pemkot siapkan pompa air di pemukiman padat

id harnojoyo, pemkot siapkan pompa air

Pemkot siapkan pompa air di pemukiman padat

Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang akan menyiapkan pompa air dari dalam tanah di pemukiman padat penduduk yang kini semakin riskan terjadi kebakaran.

"Kami akan menyediakan hidran di pemukiman untuk mengantisipasi terjadi kebakaran yang kini marak terjadi di kota tersebut," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa.

Menurut dia, hidran menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penanganan kebakaran yang kini sering terjadi.

Hidran itu, berfungsi sebagai alat pemadam tercepat karena dengan menggunakan pompa tersebut mempermudah masyarakat memadamkan si jago merah, tambahnya.

Ia mengatakan, kebakaran di pemukiman padat kini paling sering terjadi dan sulit untuk diatasi, karena susahnya masuk ke lokasi yang dilalap api tersebut.

Lokasi kebakaran di pemukiman padat penduduk yang sulit dijangkau tersebut biasanya karena jalan lorong-lorong atau gang sempit, katanya.

Hal itu, diungkapkan wakil wali kota ketika menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran dipusatkan di lokasi kebakaran Kelurahan 26 Ilir.

Setiap korban kebakaran mendapatkan bantuan Rp2.750.000 per kepala keluarga.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Palembang Edison, menambahkan selama September saja telah terjadi 30 kali kebakaran baik rumah maupun lahan.

Guna penanggulangan kebakaran di pemukiman pengadaan hidran menjadi salah satu solusi yang dapat diharapkan bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat, tambahnya.

Dia mengatakan, hidran tentunya menjadi langkah tepat untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di perkampungan padat.

Apalagi kebakaran pemukiman padat sebagian besar jauh dari kolam retensi atau aliran sungai, katanya.