Pengusaha Tiongkok ingin berinvestasi di Sumsel

id permana, kadisperindag sumsel

Pengusaha Tiongkok ingin berinvestasi di Sumsel

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana ((Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengusaha asal Tiongkok menyatakan keinginannya untuk berinvestasi di kawasan ekonomi khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang disampaikan saat acara "Tiongkok Ekspo" di Kota Nanning beberapa waktu lalu.

Ada perusahaan Tiongkok yang menyatakan berkeinginan berinvestasi di kawasan ekonomi khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api dan itu berdasarkan hasil kunjungan sewaktu pameran Tiongkok Ekspo lalu, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Permana di Palembang, Rabu.

Investor asing itu tertarik berinvestasi dibidang dermaga dan perikanan di kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api yang lokasinya hanya berjarak sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Palembang, kata dia.

Ia berharap, peluang investasi tersebut dapat segera terealisasi supaya kawasan ekonomi khusus di lokasi pelabuhan laut Tanjung Api-Api berkembang.

Memang, lanjut dia, saat pameran lalu Sumsel juga menampilkan market dan potensi kawasan ekonomi khusus di wilayah pelabuhan laut Tanjung Api Api.

Jadi pengunjung dari negara Asean termasuk masyarakat dan pengusaha banyak melihat tempat pameran Sumsel yang beberapa sudah menyatakan tertarik untuk berinvestasi.

Mengenai keberadaan kawasan ekonomi khusus, menurut dia, akan dikembangkan industri skala kecil dan besar, antara lain akan dibangun pabrik PT Pusri baru dan industri alumunium.

Selain itu dengan adanya kawasan ekonomi khusus tersebut diharapkan dapat menampung ribuan tenaga kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel, katanya.