Joko Widodo: Ada tradisi baru di DPR

id jokowi, joko widodo

Joko Widodo: Ada tradisi baru di DPR

Presiden terpilih Joko Widodo (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Presiden terpilih Joko Widodo menilai ada tradisi baru, atau perubahan tradisi politik telah terjadi dengan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR periode 2014-2019 kemarin.

"Kalau dari tradisi politik yang lalu, Ketua DPR itu berasal dari partai pemenang pemilu, sekarang ada tradisi baru,"kata Jokowi seusai menghadiri rapat di Balaikota, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, tak merasa khawatir dengan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR yang berasal dari Koalisi Merah Putih.

Jokowi merasa yakin pemerintahannya nanti akan berjalan dengan baik walaupun Ketua DPR saat ini tak berasal dari Koalisi Indonesia Hebat.

"Perubahan politik itu dapat terjadi setiap menit, jadi saya tidak kaget," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR melalui sidang paripurna yang berlangsung Rabu malam hingga Kamis dini hari.

Koalisi Merah Putih (KMP) secara kompak atau solid mengusung Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto untuk menjabat Ketua DPR RI Periode 2014-2019.

Dalam Sidang Paripurna kemarin, sejumlah partai antara lain Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, PPP satu suara.

Seluruh partai itu mengusung politisi Partai Golkar Setya Novanto sebagai Ketua DPR, dengan empat Wakil Ketua DPR yakni politisi Gerindra Fadli Zon, politisi Demokrat Agus Hermanto, politisi PAN Taufik Kurniawan, dan politisi PKS Fahri Hamzah.

Sementara itu PKB, Hanura, PDIP, Nasdem "walkout" dari dalam Sidang Paripurna karena merasa pimpinan sidang yakni politisi Golkar Popong Otje Djunjunan tidak demokratis, karena tidak mempersilahkan anggota untuk berbicara.