Penjualan logam mulia di Palembang meningkat

id penjualan logam mulia, emas murni, logam mulia, diminati, mengalami peningkatan, meningkat

Penjualan logam mulia di Palembang meningkat

Contoh logam mulia. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Penjualan logam mulia itu, diprediksi akan terus meningkat karena pembelian dengan sistem arisan itu, bisa semakin memudahkan masyarakat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pegadaian Wilayah III Sumatera Bagian Selatan menyatakan penjualan logam mulia atau emas murni di Kota Palembang dan beberapa daerah lain menunjukkan tren peningkatan yang cukup tinggi.

Berdasarkan data, selama Januari hingga Oktober 2014 penjualan logam mulia khusus dalam Kota Palembang saja mencapai sekitar 100 kilogram sedangkan pada tahun sebelumnya jauh di bawah angka tersebut, kata Kepala Humas PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Sumbagsel M.Charist Chamid di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan peningkatan penjualan logam mulia tersebut, didorong program penjualan dengan sistem arisan yang diluncurkan pada Juli 2014 kepada masyarakat di wilayah Sumbagsel meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Penjualan logam mulia itu, diprediksi akan terus meningkat karena pembelian dengan sistem arisan itu, bisa semakin memudahkan masyarakat.

Masyarakat yang ingin membeli logam mulia dalam jumlah tertentu mulai dari satu gram hingga ratusan gram, tidak perlu menunggu sampai uang banyak, tetapi cukup menyediakan uang muka pembelian logam mulia 10 persen dari harga pasar saat perjanjian kerja sama pembukaan kelompok arisan ditanda tangani.

Sebagai gambaran harga logam mulia pada awal Oktober 2014 ini Rp525.000 per gram, dengan harga tersebut masing-masing peserta arisan logam mulia bersama kelompoknya minimal enam orang cukup menyiapkan uang muka Rp52.500 dan setelah disepakati harga tersebut, jika dalam proses arisan berjalan dalam kurun waktu enam bulan terjadi kenaikan harga tidak dikenakan biaya tambahan kenaikan harga, ujarnya.

Menurut dia, tren penjualan logam mulia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir cukup baik, angkanya mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun.

Angka penjualan logam mulia di lima provinsi wilayah Sumbagsel pada 2011 tercatat sebanyak 30 kg, kemudian 2012 mengalami peningkatan menjadi 156 kg logam mulia, dan pada 2013 ini dibukukan penjualan sebanyak sekitar 200 kg logam mulia.

Melihat tren peningkatan penjualan tersebut, prospek penjualan emas murni atau logam mulia di daerah kerja Kantor PT Pegadaian Wilayah III Sumbagsel cukup cerah.

Berdasarkan data realisasi penjualan tersebut, masyarakat yang melakukan pembelian logam mulia di seluruh kantor cabang dihitung secara rata-rata mencapai 20 kilogram perbulannya, ujar Charist.