BPBD Sumsel kesulita6n padamkan kebakaran gambut

id yulizar dinoto, kebakaran lahan gambut

BPBD Sumsel kesulita6n padamkan kebakaran gambut

Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan masih kesulitan dalam memadamkan titik api terutama yang terjadi di lahan gambut, karena lokasinya jauh dari pusat kota.

Ditambah lagi lahan gambut yang terbakar memiliki kedalaman hingga dua meter, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto kepada wartawan di Palembang, Rabu.

Menurut dia, hal tersebut yang menyebabkan pemadaman titik api terutama di lahan gambut mengalami kesulitan.

Terlebih lagi, lahan gambut di daerah Sumsel banyak yang terbakar, sehingga itu harus dipadamkan supaya kabut asap tidak menjadi pekat.

Memang, lanjut dia, upaya yang dilakukan dalam pemadaman titik api di daerah ini terus dilakukan, tetapi untuk lahan gambut masih kesulitan.

Pihaknya dibantu pemerintah pusat dengan menyediakan helikopter untuk memadamkan titik api yang ada di daerah ini melalui bom air, kata dia.

Selain itu melalui operasi darat yang dibantu ratusan prajurit TNI dan Polri termasuk sukarelawan dalam memadamkan titik api di sejumlah daerah di Sumsel.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, memang lahan gambut sulit dipadamkan karena kedalaman api bisa mencapai dua hingga tiga meter.

Bahkan, lahan gambut yang terbakar sudah luas, kata gubernur tanpa menyebutkan rinciannya.