Universitas Muhammadiyah Palembang lepas 954 sarjana baru

id ump, universitas muhmmadiyah

Universitas Muhammadiyah Palembang lepas 954 sarjana baru

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang HM Idris (Antarasumsel.com/14/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Muhammadiyah Palembang melepas sebanyak 954 sarjana baru pada wisuda sarjana strata satu (S1) ke-55 dan Pasca Sarjana (S2) ke-16.

"Pada wisuda hari ini UMP melepas sebanyak 954 wisudawan," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, HM Idris, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 954 wisudawan tersebut terdiri atas sarjana strata satu sebanyak 918 orang dan magister sebanyak 36 wisudawan.

Adapun alumni yang telah dihasilkan di perguruan tinggi tersebut sebanyak 42.770 orang dan ini menunjukkan bahwa UMP turut ikut membangunan bangsa ini melalui dunia pendidikan guna mencerdaskan anak bangsa, katanya.

Ia mengatakan, untuk pengembangan sumber daya manusia pada tahun ini terdapat 13 usulan penelitian desentralisasi dosen yang lolos seleksi untuk memaparkan kelayakan proposal tersebut di dikti.

Tidak hanya itu, terdapat satu dosen yang mendapat insentif hibah penulisan paper pada jurnal internasional oleh dikti dan satu dosen lainnya mendapat hibah pendampingan penulisan buku agar buku tersebut dapat dipublikasikan oleh dikti, ujarnya.

Selain itu, terdapat dua dosen yang mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah di Solo, kemudian terdapat juga dosen yang mengikuti training of trainer (TOT) untuk sistem penjaminan mutu internal (SPMI) tingkat lanjutan di Denpasar, jelasnya.

Sementara lanjutnya, untuk pengembangan aktivitas kemahasiswaan terdapat 10 orang mahasiswa yang mendapat hibah untuk kegiatan program kewirausahaan mahasiswa (PKM) oleh Kopertis wilayah II dan juga telah dilakukan perkemahan gema muhammdiyah se-Sumatera bagian Selatan sebanyak 1.130 pramuka.

Selain itu terdapat juga hasil kuliah kerja nyata mahasiswa yang baru lalu, lolos untuk diikutsertakan dalam lomba tingkat nasional yang diadakan oleh Posdaya Yayasan Mandiri, katanya.