BLH Uji Emisi perusahaan cemari kualitas udara

id emisi, blh lakukan uji emisi

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan telah melakukan uji emisi di sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut untuk mengetahui kemungkinan mencemari kualitas udara di sekitar lokasi pabrik.

"Kita memang sudah melakukan uji emisi di seluruh cerobong asap milik PT Minanga Ogan, PT Mitra Ogan, PLTU Talang Kibang dan PT Semen Baturaja pada akhir September lalu," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ogan Komering Ulu (OKU) Ir Arman melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Analisa dampak lingkungan (Amdal) Drs Parlin Sinaban di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, meskinpun hasill resmi dari pemeriksaan tersebut belum keluar, namun pihaknya meyakini selama musim kemarau seperti sekarang telah terjadi perubahan kualitas udara di OKU.

"Karena itu untuk memastikan hal tersebut, kami bersama BLH Sumsel melakukan uji emisi di seluruh cerobong asap milik perusahaan di OKU," tegasnya.

Menurut dia, perubahan kualitas udara dapat dirasaan langsung dengan kondisi panas yang menyengat meski di pagi hari, atau saat kabut asap menyelimuti OKU beberapa waktu lalu.

"Awal November ini akan dilakukan pantauan kualitas udara secara menyeluruh, kalau kemarin baru dilakuakan pengecekan emisi cerobong," tegasnya.

Mengenai adanya penurunan kualitas air Sungai Ogan yang merupakan sumber air utama masyarakat OKU, Parlin mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan hal itu, karena masih dilakukan pemeriksaan.

"Kita sudah ambil sample air Sungai Ogan untuk diperiksa di laboratorium di Palembang. Nanti dari sana baru bisa diketahui apakah benar Sungai Ogan sudah tercemar atau tidak," ungkapnya.