Nilai investasi di Lubuklinggau Rp1,5 triliun

id lubuklinggau, investasi di lubuklinggau

Nilai investasi di Lubuklinggau Rp1,5 triliun

Perkembangan investasi di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, SN Prana Putra Sohe menyatakan dalam dua tahun terakhir pemerintah setempat berhasil menarik puluhan investor dengan nilai penanaman modal mencapai Rp1,5 triliun.

"Bidang investasi yang diminati pengusaha nasional itu antara lain sektor perdagangan, jasa dan beberapa investasi terkait objek wisata unggulan seperti Air Terjun Temam, Bukit Sulap dan Wisata Religi Masjid As Salam," kata Prana Putra Sohe di Lubuklinggau, Selasa.

Masuknya investor nasional itu, lanjut dia, karena Pemerintah Kota Lubuklinggau berhasil membangun tiga proyek unggulan yaitu Air Terjun Temam, Bukit Sulap dan Wisata Religi Masjid As Salam tersebut.

Saat ini masih banyak usulan investor untuk menanamkan modalnya di Lubuklinggau mengingat lokasi daerah itu strategis dan berada di jalan lintas Sumatera dan diapit provinsi tetangga seperti Bengkulu dan Jambi.

"Bila pembangunan tiga proyek unggulan itu sudah selesai, maka akan berdampak positif bagi pendapatan asli daerah (PAD), terutama dari sektor wisata alam dan religi," kata Prana.

Untuk sektor pariwisata, pendapatan daerah akan berasal dari retribusi parkir dan ekonomi kerakyatan yang akan tumbuh menjamur di wilayah itu.

"Sedangkan wisata religi Mesjid Agung Salam akan diperoleh pendapatan antara Rp50 juta hingga Rp100 juta per tahun, jadi tidak keliru kalau Pemerintah Kota menggelontorkan dana cukup besar," katanya.

Nilai tiga proyek itu seluruhnya mencapai Rp118 miliar, namun dalam pelaksanaannya hanya menghabiskan dana sekitar Rp63 miliar. "Pengerjaannya dilakukan dalam tiga tahun anggaran," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Pertokol Pemkot Lubuklinggau, Hendra Gunawan mengatakan pembangunan tiga proyek unggulan itu memang untuk menarik investor masuk.

Ia mengharapkan masuknya investasi akan meningkatkan kesejahtraan masyarakat, terutama dari sektor lapangan kerja dengan tumbuhnya usaha kecil dan menengah.