Pemkot Palembang targetkan Desember pasar 10 Ulu selesai

id harnojoyo, wakil wali kota

Pemkot Palembang targetkan Desember pasar 10 Ulu selesai

Wakil Wali Kota Harnojoyo meninjau pembangunan Pasar 10 Ulu (Foto: antarasumsel.com/Nila Fuadi/14)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menargetkan akhir Desember 2014 pembangunan Pasar 10 Ulu yang didanai Kementerian Perdagangan selesai sehingga bisa segera dioperasikan.

"Kami optimitis pembangunan pasar tersebut sesuai jadwal yaitu selesai Desember," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, ketika melakukan inspeksi ke lokasi proyek pembangunan Pasar 10, Selasa.

Menurut dia, pembangunan pasar tradisional yang sampai tergolong mengalami kerusakan paling parah karena belum pernah direvitalisasi tersebut, telah memasuki tahap awal.

Namun, bangunan berbahan rangka baja tersebut dipastikan lebih cepat karena tinggal merangkai dan dikerjakan selama 24 jam, tambahnya.

Ia mengatakan, terkait dengan pengaturan pedagang yang sampai kini masih bermasalah segera ditindaklanjuti.

Pedagang diharapkan bersabar menunggu pembangunan gedung yang terdiri dari 400 unit lapak itu selesai sehingga akan diatur lebih baik, katanya.

Dia menjelaskan, bagi pedagang tentunya, masa sekarang ini transisi dari sebelumnya menempati lapak yang tidak memadai menuju pasar tradisional bersih dan teratur.

Di masa transisi memang banyak lazim timbul beragam masalah termasuk kemacetan lalu lintas yang parah akibat menumpuknya pedagang dalam satu kawasan meskipun pemkot telah menyiapkan lahan relokasi khusus, ujarnya.

Harnojoyo menambahkan, penyelesaian bangunan pasar satu lantai yang dibangun dengan dana sebesar Rp10 miliar itu, bukan hanya kepentingan pemkot tetapi terutama pedagang.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar pedagang berjualan di tempat yang telah disiapkan sebagai lokasi baru sementara tak jauh dari pasar tersebut, tambahnya.