Pengunjung museum SMB II Palembang terus meningkat

id museum smb, museum smb palembang, museum kesultana palembang, museum, pengunjung museum

Pengunjung museum SMB II Palembang terus meningkat

Ilustrasi - Wisatawan asing kunjungi Museum SMB II Palembang. (FOTO ANTARA)

...Jumlah pengunjung museum dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan sekitar 2.000 orang per tahunnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jumlah pengunjung Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan cukup tinggi.

"Jumlah pengunjung museum dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan sekitar 2.000 orang per tahunnya dan diharapkan pada 2014 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 12 ribu pengunjung," kata salah seorang petugas Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II, Hatta di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk terus meningkatkan jumlah pengunjung museum tersebut, pihaknya berupaya menjalin kerja sama dengan pihak pengelola biro perjalanan wisata agar mengagendakan kunjungan ke museum saat melayani wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke kota pempek ini.

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan pihak sekolah sehingga bisa mengajak siswanya berkunjung sambil menjadikan bahan pelajaran di sekolah mengenai sejarah dan benda-benda peninggalan yang ada di museum SMB II Palembang, katanya.

Menurut dia, di museum tersebut banyak hal menarik mengenai peninggalan sejarah dan warisan budaya Kesultanan Palembang yang dapat dilihat dan menjadi bahan pelajaran bagi generasi muda untuk diterapkan dalam kehidupan modern sekarang ini guna mengimbangi pengaruh budaya asing.

Beberapa hal menarik yang bisa dilihat di Museum SMB II Palembang antara lain koleksi pakaian adat, kain tenun songket, senjata tradisional berbentuk keris dan pedang, aksesoris kamar pengantin serta benda-benda sejarah peninggalan Kesultanan Palembang lainnya.

Untuk melihat benda-benda warisan budaya tersebut, masyarakat umum dan wisatawan bisa mengunjungi museum yang berada di samping Jembatan Ampera kawasan objek wisata sungai dan sejarah Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, pada setiap hari kerja dan hari Minggu.

Pengunjung bisa menikmati koleksi Museum SMB II Palembang dengan mengeluarkan biaya tiket masuk Rp1.000 per orang untuk pelajar, kemudian mahasiswa hanya Rp2.000, masyarakat umum Rp5.000, dan tiket masuk bagi turis atau wisatawan mancanegara Rp20.000 per orang, kata petugas museum.