Harga cabai merah di Palembang naik

id cabai, cabai merah

Harga cabai merah di Palembang naik

Cabai Merah (Foto Antarasumsel.com/Nila Fu'adi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional Palembang, Jumat, tercatat Rp35 ribu per kilogram, atau naik dibanding beberapa hari sebelumnya sebesar Rp26 ribu/kg.

Menurut Rifin (37), pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, harga cabai merah besar hingga Jumat pagi kisaran Rp35 ribu/kg.

Harga cabai merah, kata dia, sejak dua hari terakhir mengalami kenaikan karena pasokan barang didatangkan pedagang pengumpul kurang lancar dan jumlahnya terbatas.

Menurut dia, memang harga cabai merah tidak bisa diperkirakan, bisa saja hari ini naik, kemudian sore harinya anjlok tergantung kondisi stok barang di pasaran.

"Jika stok barang di pasaran melimpah, sementara permintaan konsumen stabil atau bahkan berkurang, dengan sendirinya harga jual akan turun, begitu pula sebaliknya," kata Rifin menambahkan.

Menurut dia, jika stok cabai merah relatif cukup banyak dan pasokan melimpah biasanya para petani di sejumlah daerah penghasil melakukan panen secara bersamaan.

Kondisi demikian, kata dia, dengan sendirinya harga jual sangat berpengaruh, bahkan turun drastis karena cabai tidak bisa bertahan terlalu lama dan cepat membusuk.

"Biasanya para pedagang kalau stok banyak, sama-sama menurunkan harga supaya barang cepat habis terjual," katanya.

Sementara itu. harga aneka sayuran cendrung stabil karena jumlah stok barang dengan permintaan konsumen berimbang.

Contohnya, harga buncis masih kisaran Rp6.000,00--Rp6.500,00/kg, wortel tanpa daun Rp5.000,00/kg, kentang ukuran sedang Rp4.000,00/kg, dan kol gepeng Rp5.000,00/kg.

Pantauan Antara pada sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang, sejumlah pedagang sayuran menyediakan stok cabai merah terbatas, bahkan ada yang tidak ada persediaan sama sekali.