Sumsel tuan rumah Kejurnas biliar

id pangdam, pangdam sriwijaya

Sumsel tuan rumah Kejurnas biliar

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan akan menyelenggarakan kejuaraan nasional biliar memperebutkan piala Pangdam II/Sriwijaya di Palembang, pada 13-16 November 2014.

Kejuaraan nasional (Kejurnas) biliar tersebut pesertanya terbuka untuk umum, dan sudah ada dua negara menyatakan siap mengirimkan atletnya ikut berpartisipasi, kata Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Bambang Budi Waluyo kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Dikatakan Pangdam, negara yang menyatakan siap mengutus atletnya ikut pada Kejurnas itu sementara ini adalah Singapura dan Filipina.

Mudah-mudahan ada negara lain menyusul ikut berpartisipasi mengirimkan atletnya, karena Kejurnas biliar nanti serangkaian memperingati HUT TNI bersifat terbuka, katanya.

Menurut dia, dipilihnya cabang biliar untuk Kejurnas, karena potensi atletnya di setiap daerah termasuk Sumsel cukup banyak.

Hampir di setiap daerah termasuk Sumsel memiliki banyak atlet biliar, sehingga potensi tersebut perlu dimanfaatkan dalam rangka pembinaan, kata Pangdam Sriwijaya.

Terlebih lagi, kata dia, Gubernur Sumsel Alex Noerdin sangat mendukung bila daerah ini rutin melaksanakan berbagai kegiatan internasional termasuk olahraga.

Kejurnas biliar itu akan memperebutkan total hadiah Rp150 juta yang diharapkan nantinya berlangsung sukses, katanya.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia Sumsel Agus Suhery Arsyad mengatakan, pihaknya telah menyebarkan undangan untuk mengikuti kejuaraan terbuka Pangdam Cup.

Mengenai kejuaraan sendiri akan mempertandingkan nomor bola sembilan, karena nomor tersebut cukup diminati.

Kejuaraan nasional biliar tersebut menggunakan sistem gugur dan nantinya akan dipilih pemenang sampai 32 besar juga akan diberi hadiah.

Untuk juara pertama akan mendapat hadiah Rp60 juta, kedua Rp25 juta, selanjutnya Rp15 juta dan Rp10 juta.

Sementara yang bisa masuk hingga 32 besar akan diberi hadiah mulai Rp500 ribu hingga Rp5 juta.

Pada Kejurnas tersebut diharapkan lebih meriah, karena pihak panitia penyelenggara juga akan mengundang atlet Pelatnas, katanya.