KSEI: penduduk Indonesia ikut pasar modal minim

id pasar modal, minatk pasar modal minim, penduduk indonesia ikut pasr modal minim, minim, pasar modal, saham

KSEI: penduduk Indonesia ikut pasar modal minim

Bursa Efek Indonesia (BEI) (FOTO ANTARA)

...Masih sangat minim jumlah investor di pasar modal yang tercatat baru sekitar 380 ribuan dari total penduduk Indonesia 249,9 juta jiwa...
Makassar (ANTARA Sumsel) - Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan dan Perencanaan Strategis PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Alec Syafruddin mengatakan, baru satu persen penduduk Indonesia ikut aktivitas pasar modal.
       
"Masih sangat minim jumlah investor di pasar modal yang tercatat baru sekitar 380 ribuan dari total penduduk Indonesia 249,9 juta jiwa," kata Alec pada sosialisasi Fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AkSes) yang digelar KSEI di Makassar, Kamis.
       
Menurut dia, kondisi serupa juga terjadi di Sulawesi Selatan pada umumnya dan Kota Makassar pada khususnya dengan total penduduk sekitar delapan juta jiwa, namun yang baru aktif di pasar modal baru sekitar 6.000 investor.
      
Dia mengatakan, masih minimnya minat menjadi investor saham dari perusahaan yang go publik, karena masih ada sejumlah kendala di lapangan.
       
"Sebagian besar masih beranggapan, ini adalah sesuatu yang abstrak dan sebagaian besar masyarakat Indonesia yang muslim masih menganggap bahwa kegiatan di pasar modal itu sesuatu yang bukan syariah," katanya.
       
Berkaitan dengan hal tersebut, maka pihaknya terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai investasi di pasar modal.
       
Namu itu melakukan itu, diakui membutuhkan dukungan dan pengembangan infrastruktur yang dapat mempermudah akses masyarakat berinvestasi di pasar modal.
        
Untuk mencapai target tersebut, pihak KSEI menggandeng enam bank di daerah ini dalam mengatasi kendala kemampuan sekuritas membuka cabang di daerah.
        
"Maka melalui kerja sama dengan bank tersebut, maka diharapkan dapat menjangkau investor yang ada di daerah melalui transaksi yang dilakukan oleh bank mitra," ujarnya sembari mengimbuhkan khusus sosialisasi di Makassar pihaknya menggandeng Bank Permata.
       
Sementara mengenai sinergitas pasar modal dan industri perbankan, lanjut Alec, ini menjadi terobosan baru dalam membangun infrastruktur agar masyarakat lebih mudah menjangkau pasar modal.
        
Hal itu diakui Head of Cash Product Permata Bank Sabrina Sidabutar.
        
Menurut dia, pihaknya berkomitmen untuk mendukung pasar modal Indonesia, baik dalam mendukung kebijakan dan program dari regulator, maupun kebutuhan pelaku pasar modal.