Warga Desa Laya keluhkan Kades jarang masuk

id kades, warga keluhkan kades jarang ngantor

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sejumlah warga mengeluh karena Kepala Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan jarang masuk ke kantor desa.

"Dia memang jarang ngantor, padahal kantor desa sudah ada, sementara jika ada urusan warga diarahkan ke kediaman kepala desa (kades) dan perangkat desa, kata sejumlah warga yang minta jatidirinya tidak disebutkan di Baturaja, Kamis.

Sementara, Kades Laya, Syamsul HZ saat dikonfirmasi mengenai keluhan warga tersebut membenarkan jika dirinya dan perangkat desa jarang menempati kantor Desa tersebut, karena kondisi bangunan kantor telah rusak dan membahayakan jika melakukan aktivitas.

Untuk melayani warga yang hendak berurusan, ia bersama perangkat desa lebih memilih melayani di rumah, ketimbang berada di kantor desa dengan pertimbangan untuk tujuan keamanan.

"Memang kami tidak menggunakan kantor akibat rusaknya lantai yang tanahnya terus longsor jadi kami takut, hanya sesekali jika rapat kantor kami gunakan," kata kades Laya Syamsul HZ.

Mengenai kerusakan kantor tersebut, ia mengatakan hal itu telah dilaporkan tertulis maupun lisan kepada pihak Dinas PU Cipta Karya OKU.

Menurut Syamsul, kerusakan kantor telah terjadi sekitar delapan bulan lalu, namun sejak dilaporkan mengenai kondisi kantor belum ada sema sekali tindakan untuk diperbaiki, sehingga pihaknya enggan menempati kantor itu.

Pantauan di lapangan, Kamis, kantor Desa Laya memang tidak ada sama sekali aktivitas yang berlangsung.

Kerusakan memang terlihat di lantai depan kantor yang diduga pondasi tak kuat sehingga bangunan lantai tanahnya menjadi longsor.