Tagana Sumsel tingkatkan kesiagaan hadapi musim hujan

id tagana, tingkatkan kesiagaan, hadapui musim hujan, musim hujan, bencana, banjir, bantu masyarakat, tanggulangi bencana

Tagana Sumsel tingkatkan kesiagaan hadapi musim hujan

Ilustrasi - Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) wanita siap bantu masyarakat. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Sekitar 800 sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sekarang ini mulai melakukan berbagai persiapan dan meningkatkan kesiagaan untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi ketika hujan lebat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sukarelawan Taruna Siaga Bencana binaan Dinas Sosial Sumatera Selatan meningkatkan kesiagaan menghadapi musim hujan yang diperkirakan mulai November 2014.

Sekitar 800 sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sekarang ini mulai melakukan berbagai persiapan dan meningkatkan kesiagaan untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi ketika hujan lebat, kata Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel MS Sumarwan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini cukup rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Beberapa daerah yang cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor seperti Kota Palembang, Pagaralam, Kabupaten Ogan Ilir, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, dan Empat Lawang.

Dengan peningkatan kesiagaan, diharapkan sukarelawan Tagana dapat memberikan bantuan secara cepat dan tepat kepada masyarakat jika pada suatu daerah terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor atau dampak negatif musim hujan lainnya, katanya.

Dia menjelaskan, untuk memberikan bantuan secara cepat dan tepat, selain meningkatkan kesiagaan sukarelawan Tagana, pihaknya juga berupaya menyiapkan stok bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan peralatan yang biasa dibutuhkan di lokasi bencana.

Secara umum stok bantuan tanggap darurat sudah disiapkan di gudang Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan dan di kabupaten/kota.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan jika terjadi bencana selama musim hujan dapat ditanggulangi dengan cepat dan tidak menimbulkan masalah sosial berkepanjangan, kata Sumarwan.