Telkomsel kuartal ketiga capai 139,3 juta pelanggan

id telkomsel, capai 139,3 juta pelanggan

Telkomsel kuartal ketiga capai 139,3 juta pelanggan

Telkomsel (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Telkomsel meraih hasil memuaskan hingga kuartal ketiga tahun 2014 dengan mencatat pencapaian 139,3 juta pelanggan atau tumbuh 8,9 persen disegala lini bisnis, baik digital (mobile broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS.

Melalui releasenya Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga diterima Antara di Palembang, Jumat mengatakan, Telkomsel selama tiga tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10 persen di tengah-tengah industri telekomunikasi telah mature.

Menurut dia, tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55 persen dan net income margin di atas 28 persen.

Ia mengatakan, pencapaian ini merupakan buah kepercayaan dan dukungan pelanggan serta seluruh pemangku kepentingan, sehingga Telkomsel dapat terus menjadi yang terdepan memimpin industri telekomunikasi selular tanah air dan dapat terus berkontribusi kepada bangsa Indonesia, salah satunya dengan menjadi pembayar pajak terbesar bagi negara.

Ia menuturkan, catatan yang baik ini didorong oleh pertumbuhan kuat di bisnis digital sebesar 32,5 persen YoY, dimana mobile broadband tumbuh 32.9 persen YoY dan digital services tumbuh 28.4 persen YoY.

Trafik data juga naik tajam 146.1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, ujarnya.

Ia menuturkan, di saat yang sama Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan suara sebesar 7,2 persen YoY dan SMS sebesar 2,8 persen YoY.

"Kami akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia," paparnya.

Ia menjelaskan, hingga kini pihaknya telah menjangkau lebih dari 95 persen dari total populasi Indonesia, membangun 369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83,000 BTS dimana 37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G.

Saat ini Telkomsel memiliki 63.5 juta pelanggan data atau lebih dari 46 persen total pelanggannya.

Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35,4 juta pelanggan pengguna smartphone yang merepresentasikan 25 persen dari total pelanggan.

Untuk meningkatkan penggunaan mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi bertajuk "Indonesia Genggam Internet".

Program ini diharapkan akan dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.

Dalam menjaga leadership di industri telekomunikasi selular tanah air, perusahaan selalu merespon terhadap perubahan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, mereka segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

Telkomselpun sebelumnya telah sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan ini segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Telkomsel menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah memberikan layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui lebih dari 400 kantor pelayanan Telkomsel atau GraPari tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan 268 mobile GraPari siap menembus daerah pelosok sekalipun, serta call center yang bersertifikasi ISO 9001:2008.

Kinerja yang telah dicapai adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas.

Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus diiringi dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program tanggung jawab sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan, sosial ekonomi, lingkungan dan kebencanaan, katanya.