Pemkab Muba siapkan kampung siaga bencana

id pemkab muba, muba, kampung siaga bencana, kampung siaga, hadapi bencana, bencana, musim hujan

Pemkab Muba siapkan kampung siaga bencana

Bupati Muba Pahri Azhari meresmikan Kampung Siaga Bencana di Desa Babat Banyuasin, Kecamatan Babat Supat, Rabu (12/11). (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Kampung Siaga Bencana" tersebut diharapkan dapat memberikan pendidikan dan memotivasi masyarakat agar dapat meningkatkan kesiagaan terhadap bencana...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyiapkan "Kampung Siaga Bencana" menghadapi kemungkinan terjadi bencana memasuki musim hujan pada November 2014 hingga enam bulan ke depan.

"Untuk mengantisipasi bencana alam di Bumi Serasan Sekate, hari ini diresmikan Kampung Siaga Bencana di Desa Babat Banyuasin, Kecamatan Babat Supat," kata Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari di Sekayu, Rabu.

Menurut dia dengan diresmikannya "Kampung Siaga Bencana" tersebut diharapkan dapat memberikan pendidikan dan memotivasi masyarakat agar dapat meningkatkan kesiagaan terhadap bencana dampak negatif musim hujan seperti banjir dan tanah longsor.

"Kami mengharapkan dengan diresmikannya kampung siaga bencana ini, nantinya dapat memberikan pendidikan dan motivasi kepada masyarakat, agar siap siaga terhadap bencana yang mungkin melanda Kabupaten Muba," ujar bupati.

Dia menjelaskan kondisi geografis kabupaten ini yang merupakan daerah rawa dan perairan, selain rentan sekali terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin langkisau (puting beliung), dan kebakaran hutan.

Melihat kondisi tersebut perlu disiapkan "Kampung Siaga Bencana" di daerah rawan bencana sehingga jika terjadi suatu bencana dapat dilakukan penanggulangan dengan cepat oleh masyarakat dan pemerintah daerah serta dapat dicegah timbulnya masalah sosial karena kegiatan distribusi logistik bantuan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran.

Pemkab Muba melalui dinas terkait akan terus berupaya sedini mungkin mengantisipasi terjadi bencana yang kemungkinan bisa terjadi pada setiap musim hujan maupun kemarau, kata Pahri.

Sementara Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementrian Sosial Margowiyono pada acara peresmian "Kampung Siaga Bencana" itu mengatakan pihaknya berharap Pemkab Muba dapat menyiapkan kampung siaga tersebut pada setiap kecamatan.

"Besar harapan saya di setiap kecamatan wilayah Kabupaten Muba memiliki Kampung Siaga Bencana, karena ini sangat bagus untuk memberikan perlindungan, pemahaman, dan kesadaran pada masyarakat serta meningkatkan kesiagaan masyarakat terhadap bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi," ujarnya.