Partai Demokrat pilih cabup Musirawas lewat angket

id pilkada, cabub musirawas lewat angket

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Partai Demokrat Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, akan memilih calob bupati yang akan didukung pada Pilkada 2015 melalui angket atau quisioner, sehingga betul-betul calon itu dikenal masyarakat.

Hingga saat ini sudah ada beberapa bakal calon Bupati (Cabup) Musirawas mendekat ke partai, namun belum ditentukan calon mana yang akan didukung, kata pengurus Partai Demokrat Musirawas, M Ruslan di Musirawas, Rabu.

"Kita akan mengadakan survei langsung ke masyarakat untuk mengetahui sejauh mana dari bakal calon bupati itu dikenal rakyat, sehingga bila didukung tidak mengecewakan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, dari salah satu balon bupati yang sudah merapat ke Partai Demokrat sangat berpeluang untuk didukung dan menjadi pertimbangan induk partai untuk diusulkan.

Namun, untuk mengetahui kebenaran poling tertinggi dari salah satu balon itu, harus didukung kalkulasi data dari kalangan masyarakat bawah, apakah sudah dikenal atau masih ragu-ragu.

Untuk mendapatkan calon pemimpin yang kapabilitas, di samping melakukan survei juga harus mengikuti proses seleksi dari Partai Demokrat.

Bila balon bupati yang akan diusung Partai Demokrat itu sudah memenuhi persyaratan, maka diyakini bisa membawa Musirawas lebih baik ke depan, terlebih kepopulerannya dimasyarakat sudah banyak dikenal.

Selain itu, balon bupati yang akan diusung Partai Demokrat seorang yang pintar, mempunyai kemampuan logistik yang cukup dan dikenal masyarakat akan kemampuannya.

Mengenai mahar dari salah seorang calon bupati, bagi Partai Demokrat bukan prioritas utama tetapi merupakan syarat kedua setelah kepopulerannya di tengah masyarakat dapat terjamin.

Selama ini, mahar politik menjadi hal terpenting dalam mendukung calon, namun Demokrat berbeda bukan berarti partai ini tidak membutuhkan modal dalam bersosialisasi.

"Tetapi tidak semata-mata mahar politik menjadi acuan untuk kita mendukung seseorang menjadi calon kepala daerah," ucapnya.

Salah seorang bakal calon bupati dari unsur birokrasi, H Murtin mengatakan, bila dirinya diusung salah satu partai untuk maju bertarung pada Pilkada 2015 segalanya sudah siap.

"Meskipun masih transisi Pilkada langsung atau dipilih DPRD, pihaknya tetap melakukan sosialisasi ke masyarakat minimal memantapkan jaringan politik dilapisan bawah," ujarnya.