Mahasiswa Universitas Baturaja kuliah umum tentang migas

id mahasiswa, kuliah, kuliah umum, universitas baturaja, migas, skk migas

Mahasiswa Universitas Baturaja kuliah umum tentang migas

Kepala Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Renaldi Norman dan Field Manager JOB Pertamina Talisman (OK) Ltd, Amrullah Muis. (Foto: antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 200 orang mahasiswa Universitas Baturaja,  Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengikuti kuliah umum tentang pemahaman proses pengolahan dan tambang minyak dan gas bumi.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Universitas Baturaja (Unbara), Rabu tersebut diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumbagsel bersama pihak universitas swasta itu.

"Acara ini merupakan pengenalan bagaimana pengolahan sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) khususnya di Sumsel," kata Ketua Pelaksana Acara Kuliah Umum SKK Migas dan Unbara, Hendra A Setyawan.

Ia menjelaskan, kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi Unbara dapat memahami tentang proses pengelolaan minyak dan gas sebagai potensi sumber daya alam unggulan di Sumsel.

Misalnya para peserta mengerti dan bagaimana memahami adanya hulu migas, mulai dari proses dan aktivitas pertambangan sampai ke kilang minyak hingga pemasaran.

"Mahasiswa diharapkan mengetahui itu. Proses eksploitasi ini khususnya di Kabupaten OKU, seperti apa hingga selama ini banyak yang tidak paham. Masyarakat tidak paham adanya JOB Talisman, sehingga sampai potensi dan kendala lainnya, misalnya mulai dari lahan dan sosial masyarakat, kontribusi dan sebagainya," kata Hendra.

Pembicara pada kuliah umum tersebut yakni Kepala Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Renaldi Norman dan Field Manager JOB Pertamina Talisman (OK) Ltd, Amrullah Muis.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (19-21 November 2014) terdiri atas kuliah umum dan kampanye hijau. Diharapkan dengan potensi yang ada pihak perusahaan bisa memberikan kontribusi besar untuk OKU seperti halnya JOB Pertamina Talisman.

"Harapan agar baik secara kontribusi, keberdayaan sosial masyarakat dan keseimbangan lingkungan harus memiliki kesinambungan dalam aktivitas pertambangan itu sendiri," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Unbara dan SKK Migas Sumbagsel bersama JOB Pertamina Talisman menjalin kerja sama dalam hal Tridarma Pergguruan Tinggi di Bidang Penelitian Akademi dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ia menambahkan, kerja sama Tridarma ini antara lain di bidang penelitian riset bagi mahasiswa dan perusahaan, serta pengabdian masyarakat.

Sementara, SKK Migas sudah menaungi aktivitas tambang dan Gas Sumsel, sehingga dapat berperan aktif melakukan aktivitas dan perhatian kepada masyarakat serta pendidikan begitu juga dengan Talisman," katanya.