Pemkab Muba dorong pengembangan kawasan minapolitan

id minapolitan, pemkab muba dorong pengembangan kawasan minapolitan, kawasan minapolitan, kembangkan

Pemkab Muba dorong pengembangan kawasan minapolitan

Staf Ahli Bidang Keuangan Kabupaten Muba Ir Arahman Zuber saat membuka rakor minapolitan di ruang rapat Sekda. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Pengembangan kawasan minapolitan diharapkan mampu mendorong swasembada ikan dan pemenuhan gizi masyarakat melalui program Gemar Makan Ikan (Gemarikan)...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mendorong pengembangan kawasan minapolitan guna mewujudkan swasembada ikan di Bumi Serasan Sekate itu.

"Pengembangan kawasan minapolitan diharapkan mampu mendorong swasembada ikan dan pemenuhan gizi masyarakat melalui program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan pemerintah kabupaten ini," kata Staf Ahli Bidang Keuangan Setda Kabupaten Musi Banyuasin, Rahman Zuber pada Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Minapolitan, di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, dengan berlimpahnya pasokan ikan, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik karena dapat membeli ikan dengan harga yang terjangkau.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat diharapkan dapat mendukung program Pemkab Muba untuk mengembangkan kawasan minapolitan, karena sebaik apa pun program yang dicanangkan pemerintah tanpa dukungan masyarakat tidak mungkin bisa berhasil dengan baik, katanya.

Ia menjelaskan selaian dapat meningkatkan produksi ikan, program minapolitan tersebut dapat menjadi penggerak pusat pertumbuhan ekonomi serta kebutuhan domestik, sekaligus mendorong produktivitas masyarakat dalam mengisi kebutuhan pasar domestik dan internasional.

Melalui rapat koordinasi tersebut, pihaknya mengajak seluruh jajaran Pemkab Muba dan masyarakat setempat mendukung pengembangan kawasan minapolitan dalam rangka mewujudkan Permata Muba 2017, ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Muba Abdul Mukohir mengatakan, pengembangan kawasan minapolitan di kabupaten ini membutuhkan SDM yang handal dan berkualitas serta tenaga profesional dengan pemberdayaan penyuluh perikanan sebagai sentral motivator pelaku utama dan pelaku usaha.

Untuk mengembangkan kawasan minapolitan tersebut, pihaknya berupaya menyiapkan tenaga profesional dan membina masyarakat yang tinggal di kawasan yang dijadikan tempat pelaksanaan program swasembada ikan, ujarnya.

Sedangkan Direktur Prasarana dan Sarana Budidaya Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Dwika Herdikiawan pada kesempatan itu menjelaskan tentang tahapan strategi minapolitan berbasis perikanan budidaya.

Program minapolitan perikanan budidaya telah berhasil menjadi embrio munculnya kawasan industri perikanan budidaya baru dan berkembangnya perekonomian daerah, katanya.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot pengembangan kawasan ekonomi yang berbasis pada perikanan budidaya terintegrasi melalui program minapolitan," tambahnya.

Minapolitan merupakan konsep pembangunan ekonomi yang berbasis kawasan berdasarkan prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan pembangunan, ujar Herdikiawan.